Gelar Budaya Kreatif di SDN 1 Kebonharjo Kendal sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila

Pipit Widodo
Penampilan Tari Kijang siswa SD Kebonharjo Kendal (Ist).

KENDAL - Hampir 2 tahun aktivitas pembelajaran secara tatap muka menjadi terbatas akibat pandemi Covid-19. Peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget baik untuk belajar online maupun bermain menggunakan aplikasi dalam smartphone. 

Kini, ketika Covid-19 makin melandai maka pembelajaran pun kembali dilakukan secara tatap muka. 
Laksana pengelana menemukan oase di tengah gurun. Mungkin itulah yang saat ini tengah dirasakan oleh peserta didik dan para guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kebonharjo Patebon Kendal yang saat ini tengah bersuka cita menggelar Gelar Budaya Anak Kreatif, Sabtu (18/6/2022).

 

Gelar Budaya Anak Kreatif dengan tema Cintai Budaya Cermin Jati Diri Bangsa dipilih sebagai puncak Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SDN 1 Kebonharjo Kendal, Anas Ma'ruf,S.Pd. mengatakan bahwa satuan pendidikan yang dipimpinnya ini merupakan salah satu sekolah penggerak.

"Sebagai sekolah penggerak, ada dua proyek yang dikembangkan yakni kewirausahaan pada semester gasal dan proyek budaya pada semester genap," ungkap Anas.

Gelar Budaya Anak Kreatif ini menjadi puncak hasil implementasi pembelajaran berbasis budaya di SDN 1 Kebonharjo Patebon Kendal.

Berbagai kreasi seni budaya ditampilkan secara apik oleh perwakilan peserta didik mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Wali murid terlihat antusias menyaksikan penampilan, tari kreasi, hafalan ayat suci Al Quran, pencak silat, pembacaan puisi dan gerak lagu.

Lebih lanjut Anas menambahkan masih ada PR yang perlu diselesaikan sebagai upaya pengembangan proyek P5 ini. Salah satunya adalah merumuskan kembali formula P5 sesuai potensi dan kondisi di sekolahnya.

Editor : Setia Naka Andrian

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network