MPLS SMKN 1 Sayung Tak Ada Perploncoan

Pipit Widodo
Siswa SMKN 1 Sayung melakukan kunjungan industri dalam kegiatan MPLS (Ist).

DEMAK - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di  SMKN 1 Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dikemas dengan kegiatan yang edukatif, menyenangkan dan berwawasan masa depan.

MPLS merupakan kegiatan untuk orientasi siswa baru. MPLS di SMKN 1 Sayung diikuti sebanyak 304 siswa.

Para siswa mengikuti kegiatan MPLS tidak hanya di lingkungan sekolah, tapi juga pengenalan lingkungan  luar sekolah (dunia industri).

Dalam kegiatan MPLS ini, pihak sekolah juga melibatkan unsur kepolisian dan TNI untuk membentuk karakter yang disiplin dan komitmen dalam belajar dan berlatih. 

Sementara kegiatan MPLS di luar sekolah, siswa diajak langsung ke industri sesuai dengan program keahlian masing-masing. 

Kunjungan ke industri ini untuk mengenalkan kepada para siswa agar memiliki gambaran masa depan sesuai pilihan keahliannya. 

Sehingga ketika siswa sudah memiliki gambaran pekerjaan, diharapkan siswa dapat menentukan passion sesuai keahliannya.

"Alhamdulillah, banyak apresiasi kami terima dari industri terhadap langkah SMKN 1 Sayung dalam mengemas MPLS," tutur Santoso Kepala SMKN 1 Sayung, Jumat (15/7/2022).

Menurut Santoso,  di SMK, pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di sekolah namun juga melibatkan industri baik dalam pembelajaran maupun penyaluran tamatan.

Pembelajaran dimulai dari sinkronisasi kurikulum, magang guru dan siswa, guru tamu industri di sekolah, kunjungan industri dan penyaluran tamatan ke industri.

"MPLSN di SMKN 1 Sayung direkomendasikan untuk bisa diadopsi oleh sekolah lain. Semoga semakin menguatkan motivasi dan daya juang para siswa," ujarnya.

Editor : Setia Naka Andrian

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network