PPUPIK CENDEKIA FPMIPATI UPGRIS Latih Para Guru SD Membuat Artikel Ilmiah

Khatim Laela
Cendekia FPMIPATI UPGRIS menyelenggarakan Bimtek Penulisan Karya Ilmiah dan Karya Inovasi bagi Guru SD di Kabupaten Demak secara tatap muka.

SEMARANG- Cendekia Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) konsisten untuk mendampingi guru-guru dalam pengembangan profesionalisme. Baru-baru ini melalui Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, Cendekia FPMIPATI UPGRIS bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak menyelenggarakan Bimtek Penulisan Karya Ilmiah dan Karya Inovasi bagi Guru SD di Kabupaten Demak secara tatap muka. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Amantis Demak.

Direktur Cendekia Dr. Nizaruddin, M.Si. menuturkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan keharusan dan kebutuhan yang sangat penting bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang pendidik. “Pasca pandemi Covid-19, guru dituntut untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran. Minat, motivasi dan karakter siswa untuk mau belajar menjadi fokus yang perlu diperhatikan oleh guru. Hasil dari PTK inilah yang nantinya perlu dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Nasional.” ujar Nazaruddin.

"Kami menyadari bahwa banyak sekali guru yang mengalami kesulitan dalam membuat artikel ilmiah yang layak untuk dipublikasikan di Jurnal Nasional. Guru tidak boleh berputus asa dalam pengembangan dan inovasi pembelajaran secara daring. FPMIPATI UPGRIS berkomitmen untuk selalu mendampingi dan memfasilitasi guru untuk meningkatkan profesionalisme,” imbuhnya.

Peserta PPUPIK sangat antusias dan senang mengikuti bimtek ini. Dalam pelaksanaannya, hadir narasumber yang sudah berpengalaman dalam penyusunan artikel ilmiah, yaitu Dr. Nizaruddin, Dr. Muhtarom M.Pd., Yanuar Hery Murtianto M.Pd., Sutrisno M.Pd,, serta Duwi Nuvitalia M.Pd.

Pada saat pelaksanaan, setiap sesi selalu didampingi oleh dua narasumber sehingga diskusi dan bimbingan bisa berjalan maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan rerata nilai pretest hanya 64,55 meningkat menjadi 78,2 saat postest. Muhtarom memberikan materi dan pendampingan langsung kepada peserta diklat.  

Dari kegiatan bimtek selama 3 hari, menunjukkan bahwa 25 peserta telah mampu membuat artikel ilmiah yang layak untuk dipublikasikan di jurnal nasional. Fera Puspita Dewi S.Pd. salah satu peserta bimtek menyampaikan terima kasih kepada tim dari UPGRIS yang dipimpin oleh Nizaruddin yang telah memebrikan pelatihan. “Kegiatan ini jelas sangat membantu kami untuk terus belajar bagaimana cara menulis artikel agar tembus pada jurnal nasional. Sebagai salah satu syarat guru profesional ialah guru mampu menulis artikel. Semoga kegiatan berikutnya dapat terlaksana kembali. Agar kami terus belajar mengasah kemampuan ilmiah lainya,” ucap Fera.

Editor : Khatim Laela

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network