Kebakaran Lahan Gunung Merbabu, Warga Dusun Ngaduman Dievakuasi

Taufik Budi
Kebakaran Lahan Gunung Merbabu, Warga Dusun Ngaduman Dievakuasi (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Merbabu kembali terjadi pada Jumat (27/10/2023). Warga Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dievakuasi ke aula Balai Desa Batur karena asap pekat kebakaran menyebar hingga permukiman.

Kondisi terakhir hingga Sabtu (28/10) pukul 12.00 WIB, api belum dapat dipadamkan. Titik api  pertama diketahui pada Jumat pagi di wilayah Dusun Sokowulu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Kencangnya tiupan angin membuat api merembet ke arah bawah menuju wilayah Dusun Ngaduman, Kecamatan Getasan. Uupaya pemadaman oleh tim gabungan dilaksanakan melalui jalur darat berupa penyemprotan air, pembuatan sekat bakar, dan gepyok (memukulkan ranting dan dahan basah). 

"Kebakaran kali ini, intensitas api lebih besar, kondisi angin juga cukup kencang. Kami khawatirkan api akan terus merembet bahkan sampai ke wilayah Magelang." ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Semarang, Mediarso, lewat sambungan telepon.

Editor : Enih Nurhaeni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network