Railfans hingga BMKG, Semua Bersinergi di Angkutan Nataru Daop 4 Semarang

Taufik Budi
Railfans hingga BMKG, Semua Bersinergi di Angkutan Nataru Daop 4 Semarang (Ist)

SEMARANG, iNEWSDEMAK.ID - Keberhasilan PT KAI Daop 4 Semarang dalam melayani 823.190 penumpang selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tidak lepas dari kolaborasi berbagai pihak. Dukungan dari DJKA Kemenhub, TNI, Polri, BMKG, dan komunitas Railfans menjadi elemen penting yang memastikan operasional berjalan lancar.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyebut sinergi antar-lembaga ini memungkinkan perusahaan memberikan pelayanan terbaik meski menghadapi lonjakan penumpang.

"Kami mengucapkan apresiasi kepada internal dan eksternal seperti DJKA Kemenhub, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang dan Komunitas Railfans yang mewujudkan Angkutan Nataru 2024/2025 dapat terlaksana dengan baik," ujar Franoto.

Selain itu, komunitas Railfans turut membantu para penumpang di stasiun yang akan menggunakan angkutan kereta api. Mereka membantu mencetak tiket dan boarding pass di mesin CIC, memberikan informasi fasilitas stasiun dan jadwal keberangkatan, mendampingi pelanggan difabel, lansia, atau mereka yang membutuhkan bantuan khusus. Selain itu, juga mengarahkan penumpang ke kereta yang tepat, membantu pengaturan naik-turun penumpang serta sosialisasi e-boarding pass, dan mengelola kebutuhan teknis seperti penggantian papan informasi dan registrasi Face Recognition (FR). 

Dukungan Polri dan TNI juga sangat signifikan, terutama dalam memastikan keamanan di stasiun-stasiun utama seperti Semarang Tawang dan Semarang Poncol. BMKG turut memberikan kontribusi melalui prediksi cuaca yang akurat, memungkinkan operasional kereta api tetap berjalan aman meskipun cuaca tidak menentu di beberapa wilayah.

Kerja sama dengan DJKA Kemenhub memastikan ketersediaan infrastruktur yang optimal, termasuk perawatan jalur rel dan sinyal. Hal ini menjadi dasar penting bagi keberhasilan Angkutan Nataru tahun ini.

"Hal ini memberikan motivasi bagi KAI untuk senantiasa memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat,” kata Franoto.

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network