Mengenal Stasiun Telawa, Bangunan Belanda yang Bakal Layani Penumpang KA Banyubiru

Enih Nurhaeni
Mengenal Stasiun Telawa, Bangunan Belanda yang Bakal Layani Penumpang KA Banyubiru (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id - Stasiun Telawa adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak pada ketinggian +63 meter dan termasuk dalam Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api, dengan jalur 2 sebagai sepur lurus.

Meskipun diberi nama Telawah, yang merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Karangrayung, Grobogan, stasiun ini sebenarnya terletak di Pilangrejo, Juwangi, Boyolali, yang berada agak jauh di sebelah barat daya desa tersebut.

Ke arah barat dari stasiun ini, sebelum Stasiun Padas, terdapat Stasiun Gedangan yang sudah tidak aktif karena rendahnya okupansi, lokasinya yang terpencil, dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Stasiun Padas. Sementara itu, ke arah timur dari stasiun ini, sebelum Stasiun Karangsono, terdapat Stasiun Jetis yang juga telah dinonaktifkan dengan alasan serupa dan jaraknya yang dekat dengan Stasiun Telawa.

Dari segi arsitektur, bangunan utama stasiun ini merupakan bangunan asli dari Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Bangunan stasiun ini memiliki kemiripan dengan Stasiun Bringin, meskipun tidak simetris di bagian depannya.

Editor : Enih Nurhaeni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network