Studi Komparatif Pendidikan Vokasional antara UNDIP dan Universitas Nagoya di Mie

Taufik Budi
Studi Komparatif Pendidikan Vokasional antara UNDIP dan Universitas Nagoya di Mie (Ist)

Salah satu contoh kontribusi nyata adalah pembudidayaan abalone yang dilakukan oleh siswa-siswa dari jurusan Aqua Design. Siswa-siswa ini menanam abalone di laut untuk dipanen oleh penyelam perempuan. Praktik ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga membantu pelestarian sumber daya laut.

Penelitian lapangan di Mie merupakan bagian dari upaya untuk mengumpulkan data tentang manajemen pendidikan vokasional di wilayah kepulauan. Data yang dikumpulkan akan dianalisis lebih lanjut untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik pendidikan vokasional di Jepang dan Indonesia.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Universitas Diponegoro dan Universitas Nagoya dalam mendukung penelitian yang berfokus pada pendidikan vokasional. Kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang relevan dan berdampak positif bagi masyarakat. Penelitian ini juga menjadi langkah awal untuk kerja sama yang lebih luas di masa depan.

Tim peneliti dari Universitas Diponegoro dan Universitas Nagoya akan melanjutkan penelitian ini dengan penelitian intensif pada tahun 2025. Hasil dari penelitian tersebut diharapkan dapat diterbitkan di jurnal internasional bereputasi tinggi. Publikasi ini akan mendukung pencapaian UNDIP sebagai World Class University dan meningkatkan kualitas akademik kedua universitas.

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network