Ini 5 Suku di Indonesia yang Punya Kekuatan Sakti

Ahmad Haidir
Mengenal suku yang memiliki kekuatan sakti (Foto: Instagram@desa_kemiren)

3. Suku Osing

Suku Osing di Banyuwangi juga dikenal memiliki kekuatan sakti. Kentalnya tradisi santet di sana semakin santer terdengar pada tahun 1998, yaitu terjadi peristiwa aneh yang menewaskan ratusan orang. Suku Osing mengenal santet dalam empat jenis. Ada santet hitam buat balas dendam sampai musuh meninggal, santet merah buat balas dendam tapi tidak sampai meninggal, santet kuning buat bikin orang lain jadi suka, dan santet putih buat melancarkan usaha.

4. Suku Baduy

Etnis asli yang mendiami wilayah Banten ini terkenal cukup tertutup meski hidup di daerah yang dekat dengan kawasan metropolitan yakni Jakarta. Berbicara mengenai ilmu hitam, seperti meramal masa depan, pelet, santet, debus, bahkan ilmu kebal senjata, banyak orang yang berguru ke daerah ini. Mau kebal senjata api atau senjata tajam, semua ada caranya. Jangan main-main dengan suku Baduy jika tidak ingin mendapatkan malapetaka. Bahkan, suku baduy juga dilarang melanggar peraturan. Contohnya, jika ada suku Baduy naik kendaraan pas bepergian dan bukannya jalan kaki, dijamin mereka bakal langsung kena sakit misterius. Meski ilmu hitamnya sangar, tapi mereka suku yang ramah.

BACA JUGA :

Revitalisasi Bahasa Daerah di Jateng: Para Penutur Muda Menjadi Penutur Aktif Bahasa Daerah

5. Suku Dayak, Kalimantan

Suku Dayak juga dikenal memiliki ilmu sakti. Cerita soal kemampuan mereka mengirim guna-guna dan pelet sudah menyebar ke mana-mana. Salah satu ilmu magis mereka yang paling terkenal adalah mandau terbang. Senjata tradisional suku Dayak ini bisa dikendalikan dari jauh buat menyerang lawan atau melindungi kawan.

 

Editor : Pipit Widodo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network