Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para Komunitas Railfans. Mereka telah berpartisipasi dalam melayani para pelanggan kereta api selama masa arus mudik maupun arus balik angkutan lebaran tahun 2024.
“Mereka secara sukarela ingin turut berkontribusi melayani masyarakat di stasiun dengan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan kereta api di stasiun selama masa posko berlangsung,” terang Franoto.
Adapun komunitas yang membantu pelayanan penumpang selama posko di Daop 4 Semarang ada 4 komunitas yang meliputi Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE), Komunitas Railfans Tegal, Komunitas Railfans Pekalongan dan Komunitas Railfans Cepu dengan jumlah anggota komunitas yang terlibat sebanyak 38 anggota.
Dalam menjalankan tugasnya tersebut, para anggota Komunitas Railfans berkoordinasi dan berkomunikasi secara langsung dengan kepala stasiun dan petugas keamanan stasiun. Komunikasi di antaranya berisi tentang informasi jam kedatangan, informasi apabila ada kereta api yang mengalami keterlambatan, informasi perubahan jalur yang akan melayani kereta api, dan masih banyak lagi.
Selain pelayanan penumpang selama posko, Komunitas Railfans juga kerap berkolaborasi dengan KAI dalam kegiatan positif lainnya, salah satunya yaitu sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. Dalam kegiatan tersebut, Komunitas Railfans mensosialisasikan pentingnya disiplin lalu lintas khususnya saat melewati perlintasan sebidang untuk terciptanya keselamatan perjalanan kereta api.
“Semoga sinergi dan kolaborasi antara KAI dengan Komunitas Pecinta Kereta Api dapat terus berlanjut untuk memberikan manfaat positif bagi seluruh masyarakat secara umum dan pelanggan kereta api secara khusus,” tutup Franoto.
Editor : Taufik Budi Nurcahyanto
Artikel Terkait