Tips Jaga Kesehatan bagi Calon Jamaah Haji, Tetap Tenang dan Fokus!

Taufik Budi
Tips Jaga Kesehatan bagi Calon Jamaah Haji, Tetap Tenang dan Fokus! (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsDemak.id - Menjalani ibadah haji adalah impian bagi setiap Muslim, termasuk para lansia. Namun, mengingat kondisi fisik yang sudah tidak seprima usia muda, menjaga kesehatan menjadi kunci penting agar bisa menjalani rangkaian ibadah dengan baik.

Berikut beberapa tips yang dapat diikuti oleh calon jamaah haji lansia untuk menjaga kesehatan selama menjalani ibadah haji.

  1. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan ini penting untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan dan memastikan tidak ada penyakit serius yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai vaksinasi yang diperlukan.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Seimbang

Makanan yang kaya akan serat, protein, dan vitamin dapat membantu menjaga stamina dan kekebalan tubuh. Hindari makanan yang terlalu berlemak atau berminyak yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.

  1. Bawa Obat-obatan Pribadi

Calon jamaah haji lansia seringkali memiliki kebutuhan medis khusus, sehingga membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi adalah keharusan. Selain itu, alat medis seperti alat cek gula darah dan tensimeter juga sebaiknya dibawa.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Kondisi cuaca di Arab Saudi yang panas dan kering dapat menyebabkan dehidrasi, terutama bagi lansia. Usahakan untuk selalu membawa botol air minum dan meminumnya secara teratur.

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pilih pakaian yang ringan, longgar, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa juga untuk membawa topi atau payung untuk melindungi diri dari terik matahari.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network