get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel, Aksi May Day Diminta Aman

OJK Dorong Gerakan Belanja Parsel Lebaran UMKM

Rabu, 29 Maret 2023 | 07:47 WIB
header img
OJK Dorong Gerakan Belanja Parsel Lebaran UMKM (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY terus mendorong gerakan belanja parsel Lebaran dari UMKM. Untuk mendukung program ini OJK berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Industri Jasa Keuangan (IJK).

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumarjono, menyampaikan,  kolaborasi kali ini diwujudkan dalam bentuk acara “Ngempal Kaliyan Stakeholder” dengan tema “Kolaborasi untuk Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah” yang diselenggarakan di Gedung Bernic Castle, Kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Semarang, Selasa 28 Maret 2023.

“Sinergi OJK untuk UMKM dilakukan dalam bentuk program pengembangan UMKM, seperti pemberian akses pembiayaan, pelatihan, pendampingan digitalisasi UMKM, serta pemasaran produk melalui Gerakan Belanja Produk UMKM dalam bentuk parsel lebaran,” kata Sumarjono.

Menurutnya, UMKM memiliki multiplier effect yang besar terhadap perekonomian Indonesia. UMKM berkontribusi terhadap perekonomian sebesar 60,51% dan penyedia lapangan pekerjaan sebesar 119,56 juta masyarakat atau 96,92%.

Disisi lain, OJK menilai bahwa potensi UMKM masih belum maksimal. Berdasarkan survei, UMKM di Jawa Tengah memiliki kendala di aspek pemasaran (51%), pembiayaan (36%), bahan baku (3%), produksi (1%), dan lainnya (9%).

Acara juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Sekretariat Daerah Jawa Tengah Sumarno, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Ndari Surjaningsih, serta perwakilan pimpinan, asosiasi dan pegawai Industri Jasa Keuangan, serta seluruh mitra strategis OJK.

Wakil Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang kuat dari seluruh pihak untuk terus memberdayakan UMKM, khususnya di Bulan Ramadan ini.

“Mari membantu pelaku UMKM dalam berjualan, khususnya di Bulan Ramadan ini. Gerakan Belanja Produk UMKM semoga dapat meningkatkan rasa turut bangga dengan produk buatan lokal, sehingga perekonomian daerah dapat terus meningkat ” kata Taj Yasin.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah pada kesempatan tersebut juga menyampaikan sharing mengenai berbagai kegiatan kemitraan yang dilakukan oleh Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Koperasi dalam pemberdayaan UMKM.

“Berbagai upaya terus kita lakukan melalui kolaborasi dan sinergi sehingga UMKM naik kelas. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memiliki program sertifikasi halal, transformasi digital, dan pendampingan UMKM onboarding ke marketplace e-blangkon,” kata Sumarno. 

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut