Logo Network
Network

3 Desa Penyandang Janda Terbanyak di Indonesia

Hilmi
.
Minggu, 03 Juli 2022 | 08:37 WIB
3 Desa Penyandang Janda Terbanyak di Indonesia
Ada tiga desa dengan janda terbanyak di Indonesia. Rendahnya tingkat pendidikan, hingga suami meninggal faktor yang mempengaruhi banyaknya janda di desa ini. Foto/ciburayut-cigombong.desa.id

JAKARTA - Rendahnya tingkat pendidikan, tingginya angka pernikahan dini hingga suami meninggal dunia merupakan faktor terbesar yang menyebabkan banyak wanita menyandang status janda.

Ada tiga desa dengan janda terbanyak di Indonesia. Bahkan ada yang 50 persen dari desa ini terdiri dari janda. Akibatnya desa-desa ini dijuluki desa janda.

Berikut daftar desa dengan janda terbanyak di Indonesia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/7/2022).

BACA JUGA :

Ini Daftar 8 Kota dengan Janda Terbanyak di Indonesia

1. Desa Batuah, Banjarbaru

Desa Batuah berada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Menurut tokoh setempat, dari 37 rumah di RT 03 Kelurahan Kemuning, Kampung Batuah, ada 26 janda yang harus menghidupi keluarganya. Berarti, hanya sembilan keluarga yang memiliki ayah dan suami. Mayoritas janda di desa ini ditinggal meninggal oleh para suaminya. Di mana mereka kemudian memutuskan tidak menikah lagi dan memilih menghidupi keluarganya sendiri hingga saat ini.

2. Arbain, Pasuruan

Kompleks Arbain, Pasuruan, Jawa Timur dihuni para janda yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu mereka tidak dikenakan biaya sewa rumah alias gratis. Mereka hanya dibebankan biaya hidup sehari-hari seperti makan dan listrik.

BACA JUGA :

Selfie Pakai Jumpsuit Hijau Army, Tampilan Tante Ernie Obati Kangen Netizen

Dengan adanya kompleks ini, banyak sekali para janda yang terbantu setelah suaminya meninggal. Kompleks ini didirikan seorang dermawan bernama Hanif Kamaluddin yang mendapatkan wasiat dari ibunya agar membantu hidup para janda yang tidak mampu.

Follow Berita iNews Demak di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.