get app
inews
Aa Read Next : Satpam Kembalikan Emas 500 Gram Milik Penumpang di Stasiun Tawang, Jenderal Polisi Beri Pujian

KA Panoramic Berhenti Beroperasi, PT KAI Siapkan Evaluasi

Minggu, 08 Januari 2023 | 19:48 WIB
header img
KA Panoramic Berhenti Beroperasi, PT KAI Siapkan Evaluasi (Ist)

JAKARTA, iNewsDemak.id – KA Panoramic sempat beroperasi saat libur Nataru selama 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Namun, kereta api dengan sejumlah fasilitas yang memanjakan penumpang itu kini dihentikan karena ada evaluasi.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya PT KAIWisata akan melakukan evaluasi terhadap soft launching KA Panoramic. Layanan tersebut sebelumnya beroperasi pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Humas KAIWisata, M.Ilud.Siregar, menjelaskan ada sejumlah hal yang dievaluasi setelah KA Panoramic beroperasi selama libur Natal dan Tahun Baru. Salah satunya pola pengoperasian perjalanan KA Panoramic.

"Evaluasi bisa mencakup salah satunya terhadap pola pengoperasian perjalanan kereta panoramic-nya, fasilitas-fasilitasnya, pelayanan-pelayanan serta fasilitas pendukung lainnya," ujar Ilud saat dihubungi MNC Portal, Minggu (8/1/2023).

Selama pengoperasian sementara KA Panoramic, Ilud menyebut pihaknya mendapatkan masukan-masukan untuk peningkatan pelayanan. Meski demikian, dia tidak menyebutkan batas waktu evaluasi terhadap KA Panoramic selesai dan bisa beroperasi kembali secara komersil.

"Insyaallah segera dikabari untuk program angkutan di masa angkutan lebaran di tahun 2023," kata Ilud.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa ada beberapa hal lain yang akan menjadi materi evaluasi KAIWisata yaitu peningkatan pelayanan terhadap penumpang kereta, serta akan melakukan sedikit perbaikan.

"KAIWisata meningkatkan pelayanan bagi para penumpang dan pengguna setia kereta api dengan memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk memberikan layanan dan pengalaman yang menyenangkan, menarik, aman dan lancar dengan perjalanan yang menggunakan transportasi kereta api terutama kereta Panoramic," lanjutnya.

Ilud menambah sejak soft launching Kereta Panoramic tercatat penjualan tiket mencapai 2.238 penumpang yang di rangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan. Dari okupansi rata-rata perharinya mencapai kurang lebih 90%.

KA Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. 

KAI memberikan promo berupa diskon tarif untuk pembelian tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic (Gambir-Yogyakarta pp) dengan kapasitas 46 tempat duduk. Selama masa promo, tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic dijual mulai dari Rp750.000.

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

Tak hanya itu, fasilitas pada Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman dan dapat diputar menghadap jendela, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta.

Pelanggan Kereta Panoramic juga mendapat layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma.
 
Saat ini, KAI memiliki total 2 unit Kereta Panoramic yang merupakan inovasi dari Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng. Ke depan tidak menutup kemungkinan KAI akan menambahkan Kereta Panoramic pada berbagai rangkaian serta KAI akan terus melakukan perbaikan-perbaikan sarana kereta penumpang lainnya sehingga pelanggan menjadi lebih nyaman selama dalam perjalanan.

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut