get app
inews
Aa Read Next : Satpam Kembalikan Emas 500 Gram Milik Penumpang di Stasiun Tawang, Jenderal Polisi Beri Pujian

Cegah Abrasi dan Emisi Karbon, Pertamina Patra Niaga JBT Tanam 7.800 Mangrove

Rabu, 16 Agustus 2023 | 20:03 WIB
header img
Cegah Abrasi dan Emisi Karbon, Pertamina Patra Niaga JBT Tanam 7.800 Mangrove (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) melakukan kegiatan penanaman 7.800 mangrove dan 780 cemara laut di Pantai Mangunharjo, Tugu, Kota Semarang, pada Rabu (16/8/2023). Kegiatan ini sebagai upaya menekan angka emisi karbon sekaligus memeringati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Executive General Manager Regional JBT PT Pertamina Patra Niaga, Aji Anom Purwasakti, mengungkapkan, penanaman mangrove dan cemara laut memiliki tujuan membantu menurunkan kadar emisi karbon di Semarang.  Program ini juga bekerja sama dengan Badan Ekseskutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponogoro yang diharapkan dapat membangkitkan organisasi lain dalam ikut melakukan konservasi lingkungan.

“Sebagai upaya untuk reduksi emisi karbon dan pencegahan rob, Pertamina Patra Niaga JBT melakukan penanaman mangrove sebanyak 7.800 bibit dan 780 bibit cemara laut. Hal ini menjadi wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar terutama warga pesisir utara semarang dan juga sebagai pemberdayaan masyarakat,” ujar Anom.

Kegiatan ini diinisiasi organisasi pekerja yang berada di bawah naungan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Agent of Change (AoC) Sekawan. Penanaman mangrove dan cemara laut ini jug melibatkan Kelompok Tani Mangrove Lestari.

Kerja sama dengan kelompok tani mangrove itu sudah dilakukan dua kali, yakni pada 2022 juga dilakukan penanaman bibit mangrove. Selain itu, Kelompok Tani Mangrove Lestari selama beberapa dekade sudah berhasil menyelamatkan tiga wilayah yaitu Kelurahan Mangun Harjo, Kelurahan Mangkang Kulon, dan Kelurahan Mangkang Wetan dari bencana rob dan abrasi pantai.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut