get app
inews
Aa Read Next : Dinas Perdagangan Pantau Stok LPG 3 Kg, Sidak Minimal Sebulan Sekali

Kemenkes Dorong Pertumbuhan Produksi Alkes Lokal, 7 Bulan Tembus Rp9,8 Triliun

Kamis, 31 Agustus 2023 | 11:29 WIB
header img
Kemenkes Dorong Pertumbuhan Produksi Alkes Lokal, 7 Bulan Tembus Rp9,8 Triliun (Ist)

Ketahanan Kesehatan

Menurut Prof. Dante, target utama dari transformasi sistem ketahanan kesehatan ini antara lain memproduksi 7 dari 14 jenis antigen vaksin, penguasaan teknologi viral vektor dan nucleic acid based vaksin. Selain itu, produksi 6 dari 10 bahan baku obat konsumsi terbesar, produksi obat biologi dan derivate plasma, serta meningkatkan belanja dalam negeri alat kesehatan terbesar by value dan by volume serta produksi alkes berteknologi tinggi.

Sebelumnya, pasar alat kesehatan nasional menjanjikan pertumbuhan yang masif dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) 12%. Pertumbuhan ini menjanjikan potensi yang dapat meningkatkan ketahanan kesehatan nasional, melalui peningkatan kapasitas produksi lokal.

Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Roy Himawan menambahkan, Kementerian Kesehatan mendorong agar industri dalam negeri bisa tumbuh melalui tiga pendekatan. Yakni, pendekatan dari produksi distribusi, pendekatan pasar, dan pendekatan riset.

Pemerintah siap memberikan intervensi lain yang dipandang strategis, sesuai masukan dan data terkini, untuk membangun sistem kesehatan yang lebih resilien. Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas produksi lokal di Indonesia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap produk kesehatan yang berkualitas.

Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan menggelar Indonesia Local Production Conference pertama untuk membahas tantangan dalam meningkatkan produksi lokal dan transfer teknologi, serta memperkuat kolaborasi di bidang industri farmasi dan alat kesehatandi Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (30/8). Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk merajut segala elemen yang berkepentingan untuk membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan seperti universitas, pemerintah, lembaga, rumah sakit, peneliti, dan pengusaha.

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut