get app
inews
Aa Read Next : iNewsJoglosemar Raih 2 Karya Terbaik dalam Apresiasi Jurnalistik Bawaslu Jateng

Debat Capres-Cawapres Perdana Malam Ini, Tema soal HAM hingga Korupsi

Selasa, 12 Desember 2023 | 08:30 WIB
header img
Debat Capres-Cawapres Perdana Malam Ini, Tema soal HAM hingga Korupsi (Ist)

JAKARTA, iNewsDemak.id - Debat pertama Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) dalam rangka Pemilihan Presiden 2024, diselenggarakan hari ini, Selasa (12/12/2023). Debat tersebut berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tema utama debat ini mencakup isu-isu krusial terkait pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Tiga pasangan calon yang bersaing, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (nomor urut 3), akan menyajikan visi misi, gagasan, dan program masing-masing.

Debat Capres-Cawapres ini menjadi sarana penting bagi masyarakat untuk memahami ide dan program yang akan dijalankan oleh pemimpin yang terpilih selama lima tahun mendatang. Dalam debat perdana ini, Capres mendapatkan porsi waktu pembicaraan yang lebih banyak, namun tetap diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan Cawapres saat berlangsungnya debat.

Durasi total debat mencapai 120 menit, yang dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama adalah paparan visi misi sesuai tema yang telah ditetapkan. Sementara segmen kedua hingga keempat memungkinkan interaksi antara Capres dan Cawapres, termasuk saling menyampaikan sanggahan terhadap ide dan program yang disajikan. Segmen terakhir merupakan waktu untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Debat Capres-Cawapres ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat mengenai pilihan-pilihan yang ada, serta memberikan ruang bagi calon pemimpin untuk menjelaskan komitmen dan rencana aksi mereka untuk masa depan negara.
 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut