get app
inews
Aa Read Next : Tim SAR Lanjut Operasi Pencarian Orang Tenggelam di Sungai BKT Semarang

iNewsJoglosemar Raih 2 Karya Terbaik dalam Apresiasi Jurnalistik Bawaslu Jateng

Jum'at, 01 Maret 2024 | 01:12 WIB
header img
iNewsJoglosemar Raih 2 Karya Terbaik dalam Apresiasi Jurnalistik Bawaslu Jateng (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - iNewsJoglosemar meraih prestasi membanggakan dalam bidang jurnalistik dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah. Dua karya jurnalistik dari iNewsJoglosemar berhasil memenangkan predikat karya terbaik dalam ajang tersebut.

Kedua karya tersebut adalah "Perempuan Disabilitas Pengawasan Mandiri Pemilu 2024" untuk kategori audio visual dan "Disabilitas Wanita Tangguh, Pengawas Mandiri Pemilu yang Peduli Pendidikan Politik." Kedua karya tersebut merupakan hasil karya dari jurnalis M. Taufik Budi Nurcahyanto.

Prestasi ini didapat setelah melalui seleksi ketat dari sekira 120 karya yang masuk ke meja penyelenggara “Apresiasi Karya Jurnalistik Pengawasan Pemilu 2024 Bawaslu Jateng”. iNewsJoglosemar mengangkat karya yang mengusung isu penting mengenai partisipasi penyandang disabilitas dalam Pemilu, serta peran mereka dalam pengawasan Pemilu secara mandiri.

Terdapat dua tema dalam ajang ini yakni “Liputan Pengawasan Masa Tenang” dan “Liputan Pengawasan Masa Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara”. Sementara kategorinya ada empat yakni Media Cetak/Online, Audio Visual/TV, Radio, dan Foto. Masing-masing kategori diambil 2 Karya Terbaik dan 2 Nominasi Terbaik.

Ketua Bawaslu Jateng, Muhammad Amin, menyampaikan pentingnya partisipasi semua pihak dalam menjaga momentum besar dalam Pemilu 2024. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk mendorong kontribusi positif dalam pemantauan, memberikan edukasi kepada masyarakat, serta meningkatkan kualitas peliputan dan pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi.

"Salah satu pilar demokrasi adalah jurnalis, baik itu media cetak, media tulis, media online, dan lain sebagainya. Peran mereka sangat penting dalam Pemilu 2024, di mana banyak jurnalis yang memberikan pemberitaan yang berimbang dan akurat untuk memelihara proses demokratis yang kita jalankan," kata Muhammad Amin, dalam sambutannya yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Bawaslu Jateng, Kamis (29/2/2024) malam. 

“Harapannya tentunya mendorong kepada kita semua di dalam pesta demokrasi yang kemarin sudah kita laksanakan, untuk memberikan satu kontribusi yang positif dalam pemantauan, kemudian memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga salah satunya yaitu meningkatkan kualitas peliputan serta mendorong pentingnya partisipasi di dalam proses demokrasi,” bebernya lagi.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut