get app
inews
Aa Read Next : Cerita Anak-Anak Muda Pecinta Kereta Api Bantu Arus Mudik Lebaran di Stasiun

BI Imbau Warga Tak Terbujuk Calo Tukar Uang THR Lebaran

Kamis, 21 Maret 2024 | 07:23 WIB
header img
BI Imbau Warga Tak Terbujuk Calo Tukar Uang THR Lebaran (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id - Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat tidak melakukan tukang uang melalui calo, untuk keperluan Lebaran Idul Fitri. BI menyiapkan penukaran uang Rp25,6 triliun di wilayah Jawa Tengah dan DIY yang tersebar 418 titik layanan.

“BI juga mengimbau masyarakat tidak melakukan penukaran uang melalui perantara karena terdapat potensi risiko seperti ketidaksesuaian jumlah nominal uang yang dipertukarkan, kemungkinan menerima uang palsu, serta pungutan biaya yang dikenakan perantara,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, Rabu (20/3/2024).

Terhitung mulai 20 Maret sampai 5 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 418 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY. Khusus untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran uang Rupiah di 91 titik termasuk layanan penukaran uang terpadu pada 25 Maret sampai 3 April 2024 di Lapangan Parkir Barat KPwBI Provinsi Jawa Tengah, di beberapa pertokoan/ pasar tradisional dan beberapa instansi. 

Selanjutnya pada 4-5 April 2024, BI juga menambah lokasi layanan penukaran uang di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di stasiun kereta api. Untuk periode tersebut, BI Jateng akan membuka layanan penukaran uang Rupiah khusus untuk pemegang tiket/ pengguna jasa kereta api di Stasiun Tawang serta Stasiun Poncol, Semarang. 

“BI mengajak masyarakat mengoptimalkan penggunaan media transaksi nontunai atau QRIS pada saat melakukan penukaran uang, baik melalui kas keliling, layanan penukaran terpadu, maupun BI peduli mudik,” tandasnya.
 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut