get app
inews
Aa Read Next : Dinas Perdagangan Pantau Stok LPG 3 Kg, Sidak Minimal Sebulan Sekali

Inovasi Bersama: UNDIP dan Universitas Nagoya Jepang menuju World Class University

Rabu, 17 Juli 2024 | 06:09 WIB
header img
Inovasi Bersama: UNDIP dan Universitas Nagoya Jepang menuju World Class University (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id – Universitas Diponegoro (UNDIP) melalui Pusat Studi Asia (PSA) Fakultas Ilmu Budaya bekerja sama dengan Graduate School of Education and Human Development Universitas Nagoya Jepang. Kolaborasi ini melibatkan penelitian pendahuluan yang dilaksanakan pada 4-14 Juli 2024. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademik dan mendukung pencapaian UNDIP sebagai World Class University (WCU).

Tiga Guru Besar UNDIP, yaitu Prof. Dr. Yety Rochwulaningsih, Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono, dan Prof. Endang Larasati, serta Noor Naelil Masruroh, dosen Fakultas Ilmu Budaya dan mahasiswa Program Doktor, berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka bekerja bersama dengan Prof. Dr. Mina Hattori dan tim dari Universitas Nagoya. Tim peneliti kedua universitas melakukan penelitian pendahuluan di dua lokasi, yaitu Suzu dan Mie di Jepang.

Penelitian ini akan dilanjutkan dengan penelitian intensif pada tahun 2025. Hasil dari penelitian tersebut diharapkan dapat diterbitkan di jurnal internasional bereputasi tinggi. Publikasi ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam pencapaian UNDIP sebagai WCU. Penelitian ini juga mencerminkan komitmen kedua universitas untuk meningkatkan kualitas akademik melalui kolaborasi internasional.

Selama periode 4-14 Juli 2024, dilakukan tiga kegiatan utama, yaitu penelitian lapangan di Suzu, penelitian lapangan di Mie, dan Focus Group Discussion (FGD) di kampus Graduate School of Education and Human Development. Penelitian lapangan di Suzu difokuskan pada pelestarian pengetahuan tradisional pembuatan garam. Sementara itu, penelitian lapangan di Mie berkaitan dengan manajemen pendidikan vokasional di wilayah kepulauan.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut