SEMARANG, iNewsDemak.id - Sebagai pintu masuk jalur penerbangan di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang, PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang telah menggelar berbagai persiapan menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Salah satu kegiatan penting yang dilaksanakan adalah Airport Coordination Meeting (ACM) dengan tema “Meningkatkan Kolaborasi dan Komunikasi untuk Pelayanan Optimal.” Kegiatan ini melibatkan para stakeholder, komunitas bandara, serta media, baik lokal maupun nasional, untuk memperkuat koordinasi dalam memberikan layanan terbaik kepada penumpang.
General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara. Fajar menekankan pentingnya persiapan matang, baik dari sisi fasilitas, personel, hingga koordinasi dengan pihak terkait guna mendukung kelancaran operasional selama musim liburan.
ACM yang diselenggarakan pada Kamis, 12 Desember 2024, juga berfungsi sebagai platform untuk memetakan potensi ancaman yang mungkin terjadi selama masa liburan. Pihak bandara berharap seluruh pihak yang terlibat dapat bekerja sama dengan baik, untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa.
“Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan berbagai persiapan untuk menyambut Hari Raya Natal Tahun 2024 dan Tahun Baru 2025. Rangkaian kegiatan Airport Coordination Meeting ini merupakan komitmen sekaligus upaya kami untuk memberikan pelayanan prima dan optimal kepada para pengguna jasa dalam hal keamanan dan juga kenyamanan saat melakukan perjalanan menggunakan moda tranportasi udara melalui bandara,” ujar Fajar, Kamis (12/12/2024).
Selain itu, acara ini juga mempertegas komitmen bandara untuk meningkatkan pelayanan prima, terutama dalam hal pengendalian keselamatan operasional penerbangan. Diharapkan, seluruh stakeholder dan mitra bandara dapat bekerja sama dalam menyukseskan layanan angkutan udara, sehingga penumpang dapat merasa tenang saat memulai perjalanan mereka.
Fajar Purwawidada menambahkan, bahwa langkah-langkah yang diambil meliputi penyesuaian kapasitas pelayanan dan kesiapan fasilitas di bandara. Semua itu dilakukan agar penumpang dapat menikmati pelayanan yang cepat dan efisien, sejalan dengan meningkatnya jumlah perjalanan pada musim Nataru. Peningkatan pelayanan ini juga termasuk kesiapan personel, fasilitas pendukung, serta pengelolaan trafik penerbangan yang lebih terarah.
Keamanan dan kenyamanan merupakan aspek yang tidak bisa ditawar. Bandara Ahmad Yani Semarang telah menyusun berbagai strategi untuk memastikan hal tersebut, termasuk dengan memperkenalkan penyesuaian jam operasional selama periode Nataru, yang akan berlangsung lebih lama dari biasanya. Seluruh langkah tersebut diambil untuk memastikan bahwa bandara siap menghadapi segala tantangan yang mungkin muncul.
Editor : Taufik Budi Nurcahyanto