Lonjakan Kereta Saat Mudik, KAI Daop 4: Hati-hati di Perlintasan Sebidang

SEMARANG, iNEWSDEMAK.ID — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 (Daop 4) Semarang mencatat adanya peningkatan signifikan frekuensi perjalanan kereta api selama Angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyebutkan saat ini terdapat 106 perjalanan KA penumpang setiap harinya di wilayah Daop 4 Semarang. Jumlah tersebut terdiri dari 33 KA keberangkatan, 63 KA lintas, dan 10 KA tambahan khusus Lebaran. Selain itu, terdapat pula 29 perjalanan KA barang per hari.
“Kami mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati, terutama saat melintasi perlintasan sebidang atau beraktivitas di sekitar jalur rel,” kata Franoto, Kamis (27/3/2025).
Franoto mengingatkan masyarakat agar tidak beraktivitas di jalur rel maupun sekitarnya demi keselamatan bersama. “Pengendara juga diharapkan berhenti sejenak, melihat kiri dan kanan sebelum melewati perlintasan,” tambahnya.
KAI juga mencatat selama enam hari masa arus mudik, dari 21 hingga 26 Maret 2025, terdapat 125.422 penumpang yang tiba di wilayah Daop 4 Semarang, atau rata-rata 20.904 penumpang per hari.
Jumlah kedatangan tertinggi tercatat di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 32.272 penumpang, disusul Stasiun Semarang Poncol (22.433), Tegal (21.334), Pekalongan (15.479), Pemalang (8.727), Cepu (7.615), dan Ngrombo (5.912) penumpang.
Sementara itu, penumpang yang berangkat dari wilayah ini mencapai 107.498 orang, dengan keberangkatan tertinggi dari Stasiun Semarang Poncol (38.330), Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng (33.333), Stasiun Tegal (9.734), Stasiun Pekalongan (8.575), Stasiun Cepu (3.809), Stasiun Pemalang (3.749), dan Stasiun Ngrombo (3.178) penumpang.
Per Kamis (27/3) pukul 11.00 WIB, total tiket terjual untuk periode Angkutan Lebaran sudah mencapai 340.390 tiket dari 535.282 yang disediakan atau sekitar 64 persen. “Kami mengimbau masyarakat segera membeli tiket melalui Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi lainnya,” ucap Franoto.
Selain meningkatkan layanan, KAI juga terus mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas berisiko di jalur kereta seperti bermain, berjualan, atau berfoto di rel.
“Kami berkomitmen memberikan layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu selama Angkutan Lebaran 2025,” pungkas Franoto.
Editor : Taufik Budi Nurcahyanto