get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel, Aksi May Day Diminta Aman

Tim Robotik UPGRIS Siap Berlaga di Ajang Kontes Robot Indonesia

Jum'at, 03 Juni 2022 | 18:15 WIB
header img
Tim Robotik UPGRIS Siap Berlaga di Ajang Kontes Robot Indonesia

SEMARANGDua robot karya mahasiswa Universitas PGRI Semarang siap mengikuti Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot ABU Robocon yang digelar pada 7 – 13 Juni 2022.

Pada ajang bergengsi itu, tim robotik UPGRIS telah mempersiapkan robot jagoan mereka untuk beraksi di hadapan para juri.

Untuk Kontes Robot Tematik Indonesia tim robotik UPGRIS mengambil tema permainan tradisional Indonesia yaitu dam-daman.

Sitem kerjanya mengambil sebuah koin yang ada di rak kemudian di susun di beberapa titik. Penilaian robot ditentukan dengan kecepatan penaruhan koin di titik tersebut dengan durasi waktu 3 menit.

Sedangkan untuk Kontes Robot ABU Robocon, tim robotik mengambil tema permainan tradisional dari India yaitu Lagori Game.

Robot dalam kategori ini berjumlah 2 robot. Robot pertama sebagai penembak lagori yang ada di area lagori. Robot kedua sebagai penyusun lagori yang jatuh ketika ditembak robot 1 dan mengambil bola yang ada di rak untuk di masukkan di robot 1.

“Penilaian robot ditentukan dengan ketepatan tembakan bola untuk menjatuhkan lagori dan kecepatan menyusun lagori  dengan durasi waktu 30 detik,”ungkap ketua tim Edo Putra Aldiansyah, Jumat (3/6/2022)..

Untuk menghadapi kedua kontes tersebut, tim robotik bekerja keras mempersiapkan robot mereka selama satu bulan lamanya dengan didampingi dosen pendamping, Noora Qotrun Nada dan Aan Burhanudin.

Rektor UPGRIS Dr. Sri Suciati menyatakan bahwa kampus mendukung penuh tim robotik untuk tampil dalam kontes tersebut.

“Kampus siap mendukung penuh untuk keperluan tim robotik. Saya pribadi sangat bangga mahasiswa tak pantang menyerah mengikuti kontes lomba,” kata Suci.

Suci juga berpesan kepada para mahasiswa agar tak perlu menjadikan perlombaan ini sebagai beban.

“Menang atau kalah itu biasa, yang penting mau mengasah skill. Sebab sekarang yang paling diperlukan ialah skill dalam bidang yang dikuasai,” ujar Suci.

Editor : Pipit Widodo

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut