Dari hasil riset dan analisa big data yang dilakukan REQComm sebagai consultant strategic, maka bisa dipastikan inilah peta kekuatan kandidat calon Gubernur Jateng di media sosial dan media online. "Gambaran ini merupakan hasil kerja tim masing-masing kandidat yang telah melakukan bentuk sosialisasi politik atau promosi politik di media sosial," kata dia.
Hasil analisa survei big data yang ditunjukkan melihat persentase popularitas Dico Ganinduto lebih tinggi dari semua calon gubernur Jateng lainnya. Adapun sumber analisa yang digunakan dari berbagai platform sosial media seperti News, X, Tiktok, Facebook, Instagram, dan Youtube.
"Jika Dico terus meningkatkan intesitas kampanye di media sosial maupun media online, bukan tidak mungkin dalam waktu yang singkat dalam lingkup Jawa Tengah saja, popularitas Dico juga meningkat pesat. Para calon pemilih yang biasanya pada H-7 sibuk menentukan pilihannya, akan menggunakan masukan dari sekitarnya termasuk media sosial dan media online di samping orang-orang yang mereka kenal, untuk memfinalkan pilihan," katanya.
"Pada saat ini, pemilih yang sebelumnya belum yakin, akan dengan mudah menjadi tambahan suara bagi cagub yang paling aktif melakukan kampanye. Dan dari tren hasil analisa tersebut, calon gubernur yang kemungkinan besar berhasil menggaet suara swing voter ini adalah Dico Ganinduto," katanya
Mulyono pun menambahkan, hasil penelitian REQComm ini sifatnya independen, tidak memihak salah satu kandidat. “Kami hanya membantu memberikan gambaran kepada masyarakat, khususnya para pemilih pemula untuk Pilkada Jateng. Harapannya data ini berguna bagi semua kandidat untuk mengevaluasi kinerja tim setiap kandidat,” ucapnya.
Editor : Taufik Budi Nurcahyanto
Artikel Terkait