get app
inews
Aa Read Next : Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi Bertemu Presiden Jokowi, Usul Tunjangan Profesi Guru Tak Dihapus

Lakukan 8 Hal Ini Jika Kamu Gagal SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:33 WIB
header img
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Foto/Dok/SINDOnews

Selain itu, tak jarang pula didapati calon mahasiswa baru yang merasa kecewa dan sedih saat mengalami kegagalan untuk masuk ke kampus impiannya.

Lantas bagaimana jika mengalami kegagalan di seluruh tahapan masuk perguruan tinggi negeri? Mengutip dari Mamikos, simak 8 hal yang bisa dilakukan jika gagal di tahap SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.


1. Mendaftar ke perguruan tinggi swasta

Tidak ada salahnya jika harus berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Di PTS pun, mahasiswa tetap bisa mengembangkan potensi dirinya sebaik mungkin.
Ditambah, PTS-PTS yang ada di Indonesia pun juga memiliki kualitas yang sama bagus dan hebatnya seperti PTN. Seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 

2. Gap year ikut SBMPTN lagi tahun depan

Jika memang berambisi untuk berkuliah di PTN, pilihan untuk gap year dan mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya bisa menjadi pilihan. Siapa tahu dengan memilih gap year, tahun berikutnya bisa lolos dan cita-cita untuk menjadi mahasiswa PTN akan tercapai. Selama gap year tersebut juga bisa digunakan untuk mempersiapkan SBMPTN dengan lebih matang lagi agar peluang diterima di PTN impian lebih besar daripada sebelumnya.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut