get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Tawuran Pelajar Pakai Celurit dan Parang di Jalan Lingkar Sumpiuh Banyumas

Diplomasi Pendidikan Indonesia Upayakan Lulusan SMK Bisa Lanjut Studi di Jerman

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:00 WIB
header img
Terus mengupayakan diplomasi pendidikan, Pemerintah Indonesia guna mencapai transformasi sumber daya manusia berkelanjutan, salah satunya melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, yang telah berdampak positif. Foto/Dok/Stjamesvw.

BERLIN - Terus mengupayakan diplomasi pendidikan, Pemerintah Indonesia guna mencapai transformasi sumber daya manusia berkelanjutan, salah satunya melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, yang telah berdampak positif. Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Ardi Marwan, menjelaskan bahwa mulai tahun 2022 peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Indonesia berkesempatan melanjutkan pendidikan jenjang sarjana atau S-1 di berbagai universitas di Jerman.

“Keputusan ini dikeluarkan Pemerintah Jerman dalam hal ini oleh The Standing Conference of the Ministers of Education and Cultural Affairs atau KMK yang disampaikan langsung kepada KBRI Berlin,” tutur Ardi melalui siaran persnya di kemendikbud.go.id, pada (15/6/2022).

Bukti telah diakuinya ijazah SMK dari Indonesia juga dapat dilihat di situs resmi Anabin, yaitu anabin.kmk.org. Basis data Anabin menampilkan daftar informasi seluruh institusi dan jenjang pendidikan yang telah dievaluasi di Jerman hingga kini, oleh Central Office for Foreign Education (Zentralstelle für ausländisches Bildungswesen/ ZAB/ Kantor Pusat Pendidikan Asing). Dengan basis data Anabin, calon peserta didik dapat mencari informasi mengenai apakah kualifikasi akademik yang dimilikinya diakui di Jerman.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut