get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023, Begini Komentar Ketua PSSI Erick Thohir

Indonesia Berencana Pindah ke EAFF, Benarkah?

Jum'at, 22 Juli 2022 | 16:52 WIB
header img
Kabar Indonesia akan pindah ke EAFF semakin terdengar kencang. Akankah hal tersebut akan terjadi? (Foto: Instagram/@Shintaeyong7777).

JAKARTA- Kabar Indonesia pindah dari AFF ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) semakin terdengar kencang. Awal mula dari munculnya kabar tersebut adalah kekecewaan pemuja sepak bola Tanah Air terhadap AFF yang membiarkan Thailand dan Vietnam bermain mata demi menyingkirkan Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Momen tidak menyenangkan tersebut terjadi di babak Grup A Piala AFF U-19 2022. Akibatnya, Indonesia gagal lolos ke babak semifinal ajang tersebut. Netizen lantas mendesak PSSI untuk segera keluar dari AFF.

EAFF dilirik sebagai federasi regional yang cocok untuk Indonesia. Terdapat tim-tim kuat di dalamnya, yaitu Jepang, China, dan Korea Selatan. Namun, rekam jejak Timnas Indonesia melawan negara-negara EAFF tidak terlalu baik.

Timnas Indonesia kerap menelan kekalahan ketika bertemu tim dari EAFF. Indonesia telah menghadapi Korea Selatan sebanyak 60 kali. Dari jumlah tersebut, Skuad Garuda kalah dalam 46 pertemuan. Adapun kedua tim telah saling bertemu sejak tahun 1953.

Skuad Garuda telah 19 kali bertemu China. Dari jumlah tersebut, Indonesia kalah sebanyak tiga kali. Meski begitu, Skuad Garuda mampu dua kali memetik kemenangan dan meraih empat kali hasil imbang.

Editor : Khatim Laela

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut