get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel, Aksi May Day Diminta Aman

Penggiat Sastra di Semarang Gelar Peringatan 100 Tahun Chairil Anwar

Rabu, 27 Juli 2022 | 20:45 WIB
header img
Penggiat sastra di Semarang mengadakan acara diskusi dan baca puisi untuk memperingati 100 Tahun Chairil Anwar.

SEMARANG – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar peringatan 100 Tahun Chairil Anwar di taman kampus IV, Jalan Gajah Semarang, Rabu (27/7/2022).

Acara tersebut digagas oleh beberapa penggiat sastra di Universitas PGRI Semarang beserta tiga unit kegiatan mahasiswa, yaitu UKM Teater Gema, UKM KIAS, dan Lembaga Pers Vokal.

BACA JUGA :

Konsistensi Puisi Sejarah dalam Mengenang Pejuang

Chairil Anwar yang lahir pada 26 Juli 1922 itu dikenal sebagai penyair besar Indonesia, dengan karya puisinya yang terkenal di antaranya, “Aku”, “Lagu Siul”, “Diponegoro”, “Doa”, serta “Krawang-Bekasi”.

Penyair Chairil Anwar tahun ini genap berusia 100 tahun. Namanya dikenal sebagai pelopor puisi modern Indonesia. Karyanya oleh banyak kritikus sastra dianggap telah memberikan pembaruan dalam bentuk dan bahasa yang dipakai dalam puisinya.

BACA JUGA :

Bukan Puisi Pubertas Biasa

“Kunci kepenyairan Chairil Anwar adalah pada inovasi yang telah dilakukannya, yaitu dalam berpuisi, dalam memilih kata atau diksi,” kata penyair muda Semarang, Malikul Alam,

Menurut Malikul, Chairil pada masanya berani mengambil keputusan-keputusan inovatif sekaligus berani dalam memilih kata yang pada masa itu tidak banyak dipakai penyair lain. “Contohnya, Chairil berani memakai kata “mampus”. Selain itu, Chairil juga mendobrak pola ucap penyair yang lazim muncul dalam puisi-puisi semasa.

“Puisi-puisi Chairil sangat terasa menonjol dibanding angkatan sebelumnya seperti Sutan Takdir dan Amir Hamzah. Bahkan bisa dikatakan, Chairil mampu memilih bahasa yang sampai hari ini sangat relevan dibaca pembaca keinian,” kata penulis buku puisi Sajak dan Perih Satu Fragmen itu. 

Editor : Pipit Widodo

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut