get app
inews
Aa Read Next : Satpam Kembalikan Emas 500 Gram Milik Penumpang di Stasiun Tawang, Jenderal Polisi Beri Pujian

Antisipasi BBM Langka, Pertamina Siapkan Sistem Digitalisasi SPBU

Rabu, 21 Desember 2022 | 07:37 WIB
header img
Antisipasi BBM Langka, Pertamina Siapkan Sistem Digitalisasi SPBU (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id – Antisipasi BBM langka, Direktur Keuangan Pertamina Patra Niaga, Arya Suprihadi tinjau langsung penerapan digitalisasi di SPBU Yogyakarta dan Semarang, Senin (19/12/2022). Kegiatan tersebut juga untuk memastikan sarana dan fasilitas SPBU berjalan lancar menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

SPBU yang dikunjungi secara langsung yakni SPBU 43.552.18 Ring Road Jombor Yogyakarta, SPBU 44.502.26 Pawiyatan Semarang dan SPBU 44.502.02 Perintis Kemerdekaan Semarang.

Arya menyampaikan bahwa Pertamina akan selalu maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu dengan penerapan Digitalisasi SPBU yakni sistem Auto Replenishment, stok BBM akan terus terjaga.

Sistem Auto Replenishment ini merupakan otomatisasi End to end process supply BBM dari depot ke SPBU dengan menggunakan data stok, data penjualan SPBU secara real time serta informasi jarak dan waktu pengantaran mobil tangki untuk menentukan titik pemesanan kembali.

Area Manager Communication, Relations and CSR PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, menerangkan bahwa manfaat utama dari sistem Auto Replenishment ialah Pertamina dapat memonitoring stok produk yang tersedia di tiap-tiap SPBU. Semakin cepat tingkat stok diketahui, maka kian cepat pula BBM disalurkan sehingga mencegah terjadinya potensi kelangkaan BBM di sejumlah SPBU.

“Dari sisi keandalan suplai, melalui digitalisasi SPBU secara real time dapat melakukan monitoring sales atau penjualan, monitoring penerimaan BBM saat bongkar muat dari mobil tangki (MT), dan mengembangkan jadwal otomatis dalam pengiriman BBM ke SPBU," ujar Brasto.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut