get app
inews
Aa Read Next : Satpam Kembalikan Emas 500 Gram Milik Penumpang di Stasiun Tawang, Jenderal Polisi Beri Pujian

Dawet Susu Segar, Minuman Tradisional Disajikan Modern

Kamis, 04 Januari 2024 | 07:11 WIB
header img
Dawet Susu Segar, Minuman Tradisional Disajikan Modern (Foto: Taufik Budi)

Sentra Susu Segar

Desa Sumogawe Kecamatan Getasan, yang terletak di Lereng Gunung Ungaran, diakui sebagai sentra susu sapi segar. Lantas warga berinovasi hingga menghasilkan produk unggulan, Dawet Susu. Inovasi ini tidak hanya menghadirkan cita rasa yang khas, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dawet Susu, minuman tradisional yang terbuat dari campuran cendol dawet dan susu sapi segar, menjadi identitas khas Desa Sumogawe. Penggunaan susu segar sebagai pengganti santan memberikan keunikan tersendiri pada minuman ini.

Selain menciptakan cita rasa yang unik, Dawet Susu dari Desa Sumogawe juga diolah dengan tambahan gula aren murni dan es batu untuk memberikan pengalaman minum yang lebih menyegarkan. Hal ini membuat Dawet Susu semakin diminati oleh wisatawan kuliner maupun warga sekitar Lereng Gunung Ungaran.

“Desa Sumogawe banyak menghasilkan susu sapi segar, hingga dibuatkan Dawet Susu. Semua bahan baku kami ambil dari lingkungan sekitar, sehingga kualitasnya tetap terjaga," ujar Lasmi, seorang pedagang Dawet Susu asli Desa Sumogawe.

"Dawet Susu bukan hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan alternatif bagi mereka yang ingin menikmati dawet tanpa menggunakan santan," imbuhnya.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut