get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel, Aksi May Day Diminta Aman

Atasi Stunting, TNI AD Siapkan 186 Titik Akses Air Bersih di Jateng

Selasa, 27 Februari 2024 | 14:59 WIB
header img
Atasi Stunting, TNI AD Siapkan 186 Titik Akses Air Bersih di Jateng (Ist)

BANYUMAS, iNewsDemak.idTNI AD menggarap 186 titik akses air bersih dalam Program Peningkatan Kesejahteraan Desa di Jawa Tengah. Fokus program ini mengatasi stunting dan kemiskinan dengan menyediakan akses air bersih, kebutuhan pokok yang belum tersedia bagi sebagian masyarakat.

Program ini telah menjangkau lebih dari 1.900 titik di seluruh Indonesia, dengan sekira 186 titik di Jawa Tengah. Target tahun 2024 diperkirakan akan mencapai 3.000 titik.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, meninjau langsung program tersebut di Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Banyumas, Selasa (27/2/2024). Dalam kunjungannya, Kasad didampingi Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tandyo Budi.

Kasad juga meninjau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pengobatan massal dan pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), peninjauan (MCK) serta peresmian titik air bersih. Selain itu, Kasad juga menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembangunan 32 titik air bersih, 32 MCK/Sanitasi, dan 100 unit rehabilitasi RTLH kepada Kepala Desa setempat.

Selain itu, Kasad melaksanakan dialog interaktif dengan masyarakat. Kasad juga memberikan tali asih berupa sembako sebanyak 1.000 paket, santunan kepada 100 anak yatim piatu. Serta memberikan bibit pohon buah kepada masyarakat sebanyak 1.000 pohon.

Harapannya, partisipasi instansi pemerintah dan swasta dalam Program Peningkatan Kesejahteraan Desa ini akan semakin meningkat, sehingga pengentasan stunting dan kemiskinan dapat tercapai lebih cepat. Mengingat masih terdapat sekitar 9% masyarakat atau sekitar 27 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akses air bersih, kolaborasi lintas sektor menjadi sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut