get app
inews
Aa Read Next : SD Negeri Ngelowetan Demak Kembangkan Sekolah Hijau, Apa Itu?

Dokter Kecil, Garda Terdepan Kesehatan di Sekolah

Rabu, 08 Juni 2022 | 19:54 WIB
header img
Sekolah Dasar (SD) Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang mendapatkan sosialisasi dokter kecil di lingkungan sekolah pada Rabu (8/6/2022) (Ist).

SEMARANG – Sekolah Dasar (SD) Negeri Pedurungan Lor 01 Semarang mendapatkan sosialisasi dokter kecil di lingkungan sekolah pada Rabu (8/6/2022). Program dari Dinas Kesehatan tersebut memang menyasar ke sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, termasuk sekolah yang berlokasi di Jl. KH Thohir Pedurungan Semarang tersebut.

Sebanyak 30 siswa yang terdiri dari siswa kelas 4 dan kelas 5 mendapatkan sosialisasi tentang materi dasar dokter kecil yang meliputi kebersihan lingkungan, kebersihan dan kesehatan pribadi, makanan bergizi, penyakit dan cara pencegahannya, imunisasi, keselamatan diri di dalam dan di luar rumah, pertolongan pertama pada kecelakaan, pengenalan perubahan pada remaja, kesehatan jiwa, dan materi lainnya.

Tim dokter yang mengampu para dokter kecil di antaranya adalah drg. Adisti, Hartini, Wiwin, Ana, dan Asri yang kesemuanya dari Puskesmas Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Dokter kecil merupakan garda terdepan dalam urusan kesehatan di lingkungan sekolah. Oleh karena mereka adalah duta-duta kesehatan dari sekolah yang memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kesehatan lingkungan sekolah. Diperlukan siswa yang aktif dan cekatan serta pandai berkomunikasi karena dia akan menyampaikan informasi yang sangat diperlukan ketika menangani masalah-masalah kesehatan hingga masalah pubertas.

Ketiga puluh dokter kecil sangat antusias dalam mendengarkan uraian yang disampaikan oleh tim dari Puskesmas, bahkan sangat aktif dalam tanya jawab. Lintang Ayumi, salah satu dokter kecil yang merupakan siswa kelas 4, menjelaskan bahwa dia sangat senang dengan materinya karena bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

“Bermanfaat sekali, saya senang,” ujar Lintang. Baginya, menjadi dokter kecil adalah sebuah kebanggan tersendiri, apalagi dituturkan cita-cita Lintang kelak ingin menjadi dokter. Maka sudah tentu, dokter kecil menjadi sebuah bekal penunjang tercapainya cita-citanya, begitu pula dokter kecil lainnya.

Selain sosialisasi dokter kecil, tim juga melakukan penjaringan kesehatan untuk siswa kelas 1 hingga kelas 5. Penjaringan kesehatan ini meliputi pemeriksaan kuku, gigi, mata, dan telinga. Setelah pemeriksaan, tim memberikan ulasan serta cara penanganan untuk beberapa masalah yang terjadi pada siswa.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut