get app
inews
Aa Read Next : Survei Pilgub Jateng! Dico Paling Populer di Medsos dan Media Online 

Revitalisasi Bahasa Daerah di Jateng: Para Penutur Muda Menjadi Penutur Aktif Bahasa Daerah

Jum'at, 24 Juni 2022 | 12:30 WIB
header img
Penguatan revitalisasi bahasa daerah yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022) (Ist).

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengawali kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah Tahun 2022 dengan melakukan koordinasi dengan para pakar dan juga para perwakilan dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis—Minggu, 23—26 Juni 2022 di Hotel Patra Jasa, Semarang. Rapat koordinasi itu bertujuan untuk menyamakan persepsi, membulatkan tekad, dan menyatukan gerak langkah bersama pemangku kepentingan dalam merevitalisasi bahasa Jawa di Jawa Tengah. Kegiatan RBD akan dilanjutkan dengan Pelatihan Guru Master yang akan dilaksanakan pada 4—8 Juli 2022 di Banjarnegara. Pelatihan Guru Master akan diikuti oleh guru pemandu mata pelajaran Bahasa Jawa SD, perwakilan MGMP Bahasa Jawa, dan guru Bahasa Jawa SMP.

Puncak kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah 2022 adalah Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI). Kegiatan tersebut merupakan media apresiasi kepada para peserta Revitalisasi Bahasa Daerah yang dilakukan secara berjenjang. Revitalisasi tersebut mulai dari sekolah atau komunitas belajar di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi. Partisipasi guru pendamping, pegiat bahasa daerah, dan pemerintah daerah diperlukan dalam pelaksanaan FTBI.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut