Logo Network
Network

Aliko Dangote, Muslim Terkaya Afrika

Dinar Fitra Maghisza
.
Selasa, 12 Juli 2022 | 19:45 WIB
Aliko Dangote, Muslim Terkaya Afrika
Aliko Dangote merupakan sosok pengusaha sekaligus pendiri Dangote Group dengan harta kekayaan 13,9 miliar dolar AS atau setara Rp208,17 triliun. (Foto: AFP)

LAGOS - Aliko Dangote merupakan pengusaha Muslim Afrika yang dinobatkan sebagai orang kulit hitam terkaya di dunia.

Menurut Forbes, Aliko yang juga pendiri Dangote Group itu memiliki kekayaan mencapai 13,9 miliar dolar AS atau setara Rp208,17 triliun.

Selain sukses dalam bisnis, Aliko juga dikenal dermawan. Selama bertahun-tahun, dia memulai beberapa proyek filantropi. Pada 1994, dia mendirikan organisasi amal swasta Aliko Dangote Foundation (ADF).

BACA JUGA :

Tiga Artis Cantik Indonesia Miliki Harta Karun Tambang, Siapa Dia ? 

Sejak masih duduk di sekolah dasar (SD), Aliko yang berasal dari keluarga Muslim kelas atas itu, telah memiliki jiwa bisnis dan selalu mencari peluang bisnis. Aliko diketahui lahir pada 10 April 1957 di Kano, Nigeria Utara.

Keberhasilan Aliko dimulai pada tahun 1977, di mana dia meminjam 500.000 naira kepada pamannya, Aminu Dantata untuk memulai Dangote Group. Aliko memulai berdagang berbagai komoditas mulai dari semen hingga barang-barang pertanian, seperti beras, gula, hingga minyak sayur.

Usaha yang dia jalani sangat sukses, sehingga dia mampu membayar utang pada pamannya dalam waktu tiga bulan setelah memulai operasi.

Follow Berita iNews Demak di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini