get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Demak 2024, Edi Sayudi Resmi Daftar Bakal Calon Bupati di Nasdem dan PKB

Berat Badan Tak Memadai Bisa Jadi Tanda Awal Stunting

Rabu, 23 November 2022 | 11:13 WIB
header img
Berat Badan Tak Memadai Bisa Jadi Tanda Awal Stunting (Dok Okezone)

DEMAK – Kunci utama mengatasi stunting yaitu deteksi dini dari berat badan. Sebab, anak dalam kondisi malnutrisi yang berdampak pertama kali yaitu berat badan.

“Jika tidak di tangani dengan baik maka akan menjadi gizi buruk , dan jika gizi buruk tidak tertangani akan berdampak ke tinggi badan,” kata dr. Saiful Mujib selaku narasumber pada kegiatan Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut Audit Kasus Stunting Tingkat Kabupaten Demak, di Hotel Amatis Demak, Selasa (22/11/2022).

“Perlu diketahu anak stunting ini tidak harus sakit, tapi ada sisi lain poin IQ yang tertinggal yang sifatnya tidak terlihat. Dampak stunting ini bisa muncul pada anak dan juga usia dewasa,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun dalam sambutannya menyampaikan, stunting merupakan program prioritas nasional yang penanganannya terus diusahakan hingga sekarang. Untuk itu, diperlukan kerjasama seluruh pemangku kepentingan  termasuk masyarakat.

“Maka dari itulah pada kesempatan yang baik ini, saya ingin kembali mengajak Panjenengan semua untuk bergerak bersama, menyatukan visi dan tujuan agar angka stunting di Kabupaten Demak bisa ditekan dengan maksimal. Ini sangat penting, mengingat kerja kolaborasi adalah kunci keberhasilan penanganan stunting,” kata Wabup.

Meski berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), angka stunting di Kabupaten Demak terjadi penurunan yang cukup signifikan, namun tidak boleh lengah. Tindakan nyata harus tetap dilakukan.

“Terus gencarkan sosialisasi menghindari impat resiko kehamilan. Tim Pendamping Keluarga (TPK) harus bisa melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan. Beri penekanan kepada masyarakat, bahwa makanan yang diberikan kepada baduta dan balita harus memiliki gizi yang seimbang. Tidak asal kenyang, tidak harus mahal, namun bergizi tinggi,” jelas Wabup.

Yang tidak kalah penting, lanjutnya, bagaimana agar masyarakat memiliki rumah yang layak huni. Yaitu rumah tinggal yang memiliki ventilasi udara yang baik, mendapatkan sinar matahari yang cukup dan memiliki jamban berikut dengan sanitasinya.

“Ini sangat penting, mengingat jambanisasi merupakan salah satu faktor utama dalam penurunan angka stunting. Ajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan mengonsumsi makanan bergizi tinggi dari sumber bahan pangan lokal,”pungkasnya.

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut