get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Demak 2024, Edi Sayudi Resmi Daftar Bakal Calon Bupati di Nasdem dan PKB

Tempat Pembuangan Sampah Disulap Jadi Wisata Alam, Bebas Bau dan Tikus

Rabu, 01 Februari 2023 | 07:46 WIB
header img
Tempat Pembuangan Sampah Disulap Jadi Wisata Alam, Bebas Bau dan Tikus (Ist)

DEMAK, iNewsDemak.id – Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah disulap menjadi destinasi wisata alam di Demak Jawa Tengah. Perlu perjuangan berat mengubah TPA sampah menjadi sebuah tempat konservasi yang bebas bau dan tikus.

"Awal perjuangan kami sangat berat, bagaimana kita harus mampu membuat sampah-sampah ini menjadi kompos dan media tanam,” kata Sekda Demak Akhmad Sugiharto, saat kegiatan Donor Darah dan Seminar Lingkungan bersama Sahabat Pecinta Alam, bertempat di eks TPA Sampah Katonsari Demak, Minggu (29/1/2023).

“Kita lakukan eksperimen dengan menanam berbagai jenis tanaman, awalnya banyak yang mati karena sampah masih belum terurai menjadi media tanam," lanjutnya.

Sugiarto yang juga tercatat sebagai Penasihat Forum Aksi Lingkungan (Fosil) Demak itu menyatakan tak patah arang. Dia bersama komunitasnya dan instansi terkait bertekad mengelola TPA smpah menjadi sebuah tempat konservasi.  

“Alhamdulillah kami berhasil menjinakkan TPA sampah ini pelan-pelan bisa terurai menjdi media tanam yang subur dengan ditandai tumbuhnya rumput dan gulma," jelas Sugiharto.

"Disusul dengan tanaman keras yang kami tanam mulai bisa tumbuh. Lalu kami ambil media kompos dari sampah di sini untuk digunakan sebagai media tanam bahan pembibitan berbagai jenis tanaman. Sudah banyak bibit tanaman kami yang telah ditanam di berbagai taman dan objek tanam di berbagai wilayah Demak," tandasnya.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut