get app
inews
Aa Read Next : iNewsJoglosemar Raih 2 Karya Terbaik dalam Apresiasi Jurnalistik Bawaslu Jateng

Ketika Bupati Muda Ajari Pemilih Pemula Melek Politik

Selasa, 28 November 2023 | 21:32 WIB
header img
Ketika Bupati Muda Ajari Pemilih Pemula Melek Politik (Ist)

DEMAK, iNewsDemak.id – Bupati Demak Eisti’anah menjadi Keynote Speaker Kegiatan Pendidikan dan Etika Budaya Politik di SMAN 1 Karanganyar, Kabupaten Demak, Senin (27/11/2023). Bupati yang masih muda itu mengajari para pemilih pemula untuk melek politik.

Perempuan kelahiran 28 Mei 1985 itu berpendapat bahwa melek politik bukan sekadar tahu nama Presiden atau Kepala Daerah. Melainkan, juga memahami isu-isu penting yang memengaruhi masyarakat.

“Masa depan daerah tergantung pada partisipasi aktif kalian. Jadilah generasi muda yang cerdas, pandai memfilter hoaks dan ujaran kebencian,” kata Eisti saat menyampaikan paparannya.

“Jaga nilai-nilai toleransi dan berikan kritik yang objektif. Dengan mengetahui lebih banyak, kalian dapat membuat keputusan yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif pada perubahan,” lanjutnya.

Sekda Demak Ahmad Sugiharto, menambahkan, pemilih pemula juga dapat terlibat aktif dalam diskusi politik dengan mengikuti berbagai program yang digagas oleh KPU. Di antaranya program relawan demokrasi, rumah pintar pemilu, KPU Goes To School, Campus dan Pesantren, Stand Up Pemilu, serta kegiatan kepemudaan.

“Saya berharap kalian semua dapat menjalani proses politik dengan integritas, menghormati perbedaan pendapat, dan menjaga kebersamaan. Bersama kita ciptakan budaya politik yang bersih dan bermartabat,” kata Sekda.

Sekda berpesan pada 2024 akan diselenggarakan pesta demokrasi yaitu Pemilu pada 14 Februari 2024 dan Pemilihan Serentak Nasional (Pemilukada) pada 27 November 2024. Untuk itu, pemilih pemula diharapkan dapat selalu menjunjung tinggi etika berbudaya dalam politik.

“Saya ingin para pemilih pemula untuk selalu menjunjung tinggi etika budaya dalam berpolitik, yaitu dengan kejujuran, transparansi, dan saling menghormati dalam setiap interaksi politik,” pungkasnya.

 

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut