get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut! Motor Adu Kambing 2 Tewas, Keluarga Histeris di Jember

Jalanan Jadi Mesin Pembunuh! Polda Jateng Ambil Sikap

Sabtu, 02 Maret 2024 | 14:14 WIB
header img
Jalanan Jadi Mesin Pembunuh! Polda Jateng Ambil Sikap (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.id - Jalanan jadi mesin pembunuh yang mengancam para pengendara. Bahkan selama kurun waktu tahun 2023, terdapat lebih dari 27 ribu nyawa melayang di jalanan. 

“Berdasarkan data dalam setahun terdapat angka kecelakaan cukup tinggi secara Nasional lebih dari 152 ribu kecelakaan, lebih dari 27 ribu korban meninggal dunia,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan di  Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Sabtu (2/3/2024).

“Dari data ini diketahui bahwa dalam satu hari ada 76 orang meninggal akibat kecelakaan dan dalam satu jam ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan. Oleh karena itu guna mendukung tindakan pencegahan kecelakaan lalu lintas, digelar Aksi Keselamatan Jalan,“ imbuh Kakorlantas.

Jenderal bintang dua itu menyebutkan ada tujuh pelanggaran yang akan menjadi atensi selama Operasi Keselamatan Lalu Lintas. Tujuh pelangggaran itu dinilai menjadi penyebab kecelakaan yang mengakibatkan banyak korban.

“Ada tujuh pelanggaran sebagai pelanggaran yang selama ini mengakibatkan korban yang banyak serta bersifat fatalitas tinggi. Antara lain over speed atau kecepatan berlebihan, helm tidak standar, tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara di bawah pengaruh alkohol atau obat-obat terlarang, penggunaan handphone ketika berkendara, melawan arus, dan overload (muatan berlebihan),“ beber dia.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut