get app
inews
Aa Read Next : Cegah Terjerat Pinjol, 5.000 Pelajar dan Mahasiswa Dapat Beasiswa dari BSI

Mahasiswa Tunanetra Raih Cum Laude 3 Tahun 7 Bulan di UNY, Begini Resepnya!

Rabu, 05 Juni 2024 | 06:26 WIB
header img
Mahasiswa Tunanetra Raih Cum Laude 3 Tahun 7 Bulan di UNY, Begini Resepnya! (Ist)

JOGJA, iNewsDemak.id - Bayu Aji Firmansyah berhasil menyelesaikan studinya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam waktu 3 tahun 7 bulan, meraih gelar Cum Laude dengan IPK 3,83. Prestasi ini semakin luar biasa mengingat Bayu adalah seorang mahasiswa tunanetra.

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik ini diterima di UNY melalui jalur SBMPTN.

"Alasan saya memilih ilmu komunikasi di UNY karena saya menyadari kemampuan diri saya. Jika mengambil ilmu komunikasi di kampus lain, saya tidak yakin dapat diterima," ungkap Bayu pada dilansir dari website resmi UNY, Selasa (5/6/2024).

Ia bersyukur mendapatkan lingkungan yang mendukung, termasuk dosen yang bersedia menerima dan mengakomodasi kebutuhannya meski sebagian besar dari mereka belum pernah mengajar mahasiswa tunanetra sebelumnya. Teman-teman Bayu juga siap membantu ketika menghadapi kesulitan.

Sebagai alumni SMAN 1 Bambanglipuro Bantul, Bayu menyadari kemampuan mobilitasnya tidak sebaik rekan-rekan difabel yang berlatar belakang sekolah di SLB.

"Saya kesulitan menghafalkan letak suatu tempat, sehingga untuk ke kelas saya biasanya masuk bersama teman dan janjian di gerbang fakultas," jelasnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut