get app
inews
Aa
Read Next : Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Berpindah Kantor ke Ungaran, Kabupaten Semarang

PBSI UNISSULA Sosialisasikan Pencegahan Speech Delay dengan Metode Terapi Wicara

Jum'at, 11 November 2022 | 04:24 WIB
header img
Baru-baru ini Tim PKM PBSI, FKIP, UNISSULA mengadakan sosialisasi pencegahan speech delay pada anak balita dengan metode terapi wicara kepada ibu-ibu kelompok pengajian Aisyiyah Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga. Foto/Dok/Ist.

SEMARANG - Selama pandemic Covid-19 menurut para ahli kasus speech delay pada anak balita meningkat secara signifikan. Salah satu penyebabnya adalah anak kurang berinterkasi dengan lingkungan sehingga tidak mendapatkan stimulus untuk berkomunikasi. Selain itu, di rumah si anak balita kerap bermain gawai tanpa didampingi oleh orang tua atau pengasuhnya sehingga anak kekurangan stimulus untuk berinterkasi. Dampaknya keterampilan berbahasanya tidak berkembang yang akhirnya menjadikan speech delay.

Melihat kondisi tersebut, baru-baru ini Tim PKM PBSI, FKIP, UNISSULA mengadakan sosialisasi pencegahan speech delay pada anak balita dengan metode terapi wicara kepada ibu-ibu kelompok pengajian Aisyiyah Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga. Ibu-ibu kelompok pengajian tersebut belum memahami apa itu speech delay, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mencegahnya.

Sosialisasi tersebut dimaksudkan agar ibu-ibu kelompok pengajian Aisyiyah memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang speech delay. Salah satu penyebab speech delay pada anak balita adalah penggunaan gawai yang terlalu lama dan tanpa pendampingan.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut