Logo Network
Network

Aplikasi CME Deteksi Ibu Hamil, Cara Ampuh Tangani Stunting

Taufik Budi
.
Selasa, 29 November 2022 | 01:56 WIB
Aplikasi CME Deteksi Ibu Hamil, Cara Ampuh Tangani Stunting
Aplikasi CME Deteksi Ibu Hamil, Cara Ampuh Tangani Stunting (Ilustrasi/Ist)

DEMAK, iNewsDemak.id Aplikasi CME (Cengkeraman Mata Elang) deteksi ibu hamil di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Cara ini ampuh tangani stunting karena bisa menurunkan angka kasusnya hingga sekira 50 persen.

Cengkeraman Mata Elang (CME) adalah sebuah aplikasi atau sarana untuk mendeteksi atau memantau keadaan ibu hamil dan juga menurunkan kasus stunting di Kabupaten Demak. Aplikasi CME diterapkan semua Puskesmas se-Kabupaten Demak pada 2019.

"Awal sebelum ada inovasi posisi kematian ibu sekitar 112 per 100 ribu kelahiran hidup, untuk saat ini kita ada di sekitar 50-an jadi ini sudah menurun hampir separuhnya," terang Kepala Puskesmas Bonang II Indah Kusumawati, saat podcast Keberhasilan Implementasi Quick Wins Smartcity Dimensi smart living Cengkraman Mata Elang (CME) di RSKW 104.8 FM, Senin (28/11/2022). 

“Sementara pada tahun 2020 aplikasi kami kembangkan untuk stunting dan dengan deteksi dini yang cepat menggunakan aplikasi, sehingga pada saat penimbangan di posyandu kita sudah tahu siapa yang stunting, dan saat itu juga bisa dikunjungi oleh kader CME. Sehingga nantinya tidak ada keterlambatan,” kata Indah.

Follow Berita iNews Demak di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini