get app
inews
Aa Read Next : Peduli Korban Banjir, Pertamina Kirim Bantuan Bright Gas ke Dapur Umum

Jangan Buang Sampah Sembarangan, Bisa Dibuat Ekoenzim Begini Caranya!

Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:53 WIB
header img
Jangan Buang Sampah Sembarangan, Bisa Dibuat Ekoenzim Begini Caranya! (Ist)

DEMAK, iNewsDemak – Banyaknya sampah menumpuk mengundang keprihatinan banyak kalangan. Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Semarang (Unnes) ajarkan pembuatan ekoenzim dari sampah di SMK N 1 Sayung, pada Jumat 18 Maret 2023.

Mereka mendatangkan narasumber Widayanti, yang merupakan seorang aktivis lingkungan. Sosialisasi literasi lingkungan hidup dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan.

"Sosialisasi ini tidak hanya merupakan tugas mata kuliah saja, akan tetapi juga merupakan keprihatinan kami terhadap apa yang saat ini terjadi pada lingkungan. Kami ingin mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat," ucap Tegar, koordinator kegiatan.

Sosialisasi ini diakhiri dengan pelatihan pembuatan ekoenzim dari sampah organik. Ekoenzim merupakan cairan alami serba guna hasil dari fermentasi. Masyarakat perlu tahu bagaimana mengolah sampah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat, sehingga dapat mengurangi pembuangan sampah organik di sekitar.

"70 persen sampah yang dibuang di TPA adalah sampah organik, dan itu menimbulkan bau yang tidak sedap di lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengolahan sampah organik tersebut menjadi hal yang bermanfaat. Salah satu caranya adalah melalui pembuatan ekoenzim," ujar Widayanti.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut