get app
inews
Aa Read Next : Polisi Usut Korupsi Dana Desa di Solo Raya, Dipastikan Tak Terkait Politik

KPK Siapkan Langkah Hukum usai Bupati Nonaktif Mimika Diputus Lepas

Rabu, 19 Juli 2023 | 17:51 WIB
header img
KPK Siapkan Langkah Hukum usai Bupati Nonaktif Mimika Diputus Lepas (Ist)

JAKARTA, iNewsDemak.idBupati nonaktif Mimika Eltinus Omaleng diputus lepas oleh Majelis Hakim PN Makassar. langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyiapkan langkah hukum berikutnya terkait putusan itu.

Dalam putusan tersebut, Ketua Majelis Hakim Jahoras Siringoringo menyatakan Eltinus tidak terbukti bersalah terkait proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Tahap 1 tahun anggaran 2015 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kepala Bagian Pemberitaan (Kabag) KPK Ali Fikri mengatakan, Hakim menilai tindakan Eltinus Omaleng itu bukan termasuk perbuatan pidana.

“Terdakwa Eltinus Omaleng dinyatakan lepas dari tuntutan yang artinya terbukti ada perbuatan yang dilakukan, namun menurut Majelis Hakim bukan termasuk kategori pidana,” ujar Ali kepada wartawan, Senin (17/7/2023).

Ali menyebut pihaknya belum mengetahui dasar pertimbangan vonis dari Majelis Hakim. Sebab pertimbangan putusan tidak dibacakan Majelis Hakim sebagaimana pembacaan putusan pada umumnya.

“Kami menghargai putusan Majelis Hakim sekalipun kami juga akan segera mengambil sikap dan langkah hukum berikutnya sehingga perkara tersebut saat ini tentu belum memiliki kekuatan hukum tetap,” katanya.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut