get app
inews
Aa Read Next : Coblosan Pemilu, Stok BBM dan LPG Dijamin Aman

Melihat Balai Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Cara Pertamina Jaga Ekosistem Laut

Rabu, 20 September 2023 | 14:43 WIB
header img
Melihat Balai Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Cara Pertamina Jaga Ekosistem Laut (Ist)

CILACAP, iNewsDemak.id – Telur Penyu Lekang biasanya banyak ditemukan di pesisir Pantai Selatan Jawa, pada April hingga Agustus. Puluhan telur penyu tersebut kemudian diselamatkan oleh Balai Konservasi Penyu Nagaraja, Cilacap untuk dibiarkan menetas.

Kemudian Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea) yang telah menetas disiapkan selama 47 hari untuk dilepasliarkan kembali ke laut. Pelepasliaran penyu ini dilakukan secara rutin dan bertujuan menjaga keseimbangan ekosistem laut. 

Balai Konservasi Penyu Nagaraja dibentuk melalui inisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Fuel Terminal Maos sejak 2019. Melalui lembaga itu telah berhasil mengonservasi 1.699 tukik atau anak penyu kembali ke lautan.

Seperti yang dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) melalui Fuel Terminal (FT) Maos saat pelepasliaran penyu Lekangdi Pantai Sodong, Cilacap. Penyu Lekang dilepaskan sebanyak 297 ekor ke habitat aslinya pada Selasa (19/9/2023).

“Ratusan penyu tersebut berasal dari telur penyu yang ditemukan di sekitar Pantai Sodong oleh pegiat konservasi,” kata Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Brasto Galih Nugroho.

“Kemudian telur dibawa ke area konservasi untuk ditetaskan menggunakan metode sarang semi alami,” tuturnya.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut