get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Demak 2024, Edi Sayudi Resmi Daftar Bakal Calon Bupati di Nasdem dan PKB

SD Negeri Ngelowetan Demak Kembangkan Sekolah Hijau, Apa Itu?

Jum'at, 22 Desember 2023 | 19:19 WIB
header img
SD Negeri Ngelowetan Demak Kembangkan Sekolah Hijau, Apa Itu? (Ist)

Guna mendukung PHBS, SD Negeri Ngelowetan juga menggiatkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (Gerakan PHBLS). Gerakan ini adalah sebuah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Implementasi gerakan ini di antaranya dengan melakukan kegiatan peduli lingkungan seluruh warga sekolah, mulai dari siswa, guru, karyawan, pedagang di lingkungan sekolah, termasuk para orang tua siswa. Kegiatan peduli lingkungan tersebut meliputi kampanye pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), kampanye pengurangan penggunaan plastik, kegiatan pilah sampah, pemanfaatan bank sampah, penanaman tanaman (tanaman buah, pohon, bunga, tanaman obat), pembentukan taman baca, budidaya lele, dan pembuatan kompos organik dengan pemanfaatan mikroorganisme lokal.

“Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kami melibatkan seluruh unsur di lingkungan sekolah. Jadi tidak hanya guru dan siswa, namun para pedagang di kantin pun kita libatkan. Bahkan orang tua siswa juga kami libatkan baik langsung di sekolah (seperti bersih-bersih lingkungan sekolah dan penanaman tanaman) dan tidak langsung (penyiapan bekal makan dan minum siswa yang higienis serta menggunakan tempat bekal dari rumah sebagai upaya pengurangan sampah plastik),” terang Rusmaji.

Untuk memberikan pemahaman kepada orang tua siswa dilakukan pada saat rapat koordinasi wali murid dan kegiatan parenting. Sedangkan untuk memberikan pemahaman kepada pedagang di kantin sekolah dilakukan pendekatan dan penyuluhan.

“Alhamdulillah dengan lingkungan yang sehat, SD Negeri Ngelowetan berhasil menorehkan banyak prestasi. Untuk prestasi akademik yang kami peroleh di antaranya juara 1 Olimpiade Sains tingkat Kabupaten, juara 1 lomba TIKI tingkat Kabupaten, Juara 1 lomba cipta dan baca puisi tingkat kabupaten,juara 1 lomba rebana tingkat kabupaten, dan juara 1 lomba cerita islami tingkat kabupaten. Untuk prestasi akademik masih banyak yang lainnya. Kemudian, untuk prestasi non akademik, yang berhasil diraih SD Negeri Ngelowetan diantaranya, juara 1 lomba voly tingkat karisidenan,  juara 1 lomba TUS tingkat kabupaten, dan juara 1 lomba adiwiyata tingkat kabupaten,” paparnya.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut