get app
inews
Aa Read Next : Peduli Korban Banjir, Pertamina Kirim Bantuan Bright Gas ke Dapur Umum

SD Negeri Ngelowetan Demak Kembangkan Sekolah Hijau, Apa Itu?

Jum'at, 22 Desember 2023 | 19:19 WIB
header img
SD Negeri Ngelowetan Demak Kembangkan Sekolah Hijau, Apa Itu? (Ist)

DEMAK, iNewsDemak.id – Belum banyak yang tahu di sebuah desa jauh dari perkotaan terdapat SD yang berhasil mengembangkan lingkungan sekolah hijau (green school). Ya, sekolah tersebut adalah SD Negeri Ngelowetan beralamat di Desa Ngelowetan Kecamatan MIjen Kabupaten Demak Jawa Tengah.

Sekolah yang memiliki murid sebanyak 278 siswa dan membagi tiap tingkatan menjadi dua kelas ini, patut dibanggakan. Selain memiliki siswa siswi berprestasi di berbagai bidang, sekolah ini juga serius menggarap Program Sekolah Adiwiyata.

Kepala SD Negeri Ngelowetan, Rusmaji Azinar, menyampaikan, Sekolah Adiwiyata merupakan  program untuk membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan  dan menekankan prinsip edukatif, partisipatif dan berkelanjutan. Dalam membangun Sekolah Adiwiyata, diawali dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah.

PHBS menjadi kunci dalam mengembangkan sekolah berprestasi. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan berpengaruh terhadap banyak faktor. Di antaranya menciptakan lingkungan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar para siswa dan guru.

“Dengan penerapan PHBS mampu menjadikan lingkungan sekolah sehat. Lingkungan sekolah yang sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan warga sekolah, karena selain lingkungan tempat belajar bersih dan sehat, budaya hidup sehat yang kita terapkan juga sangat mendukung kesehatan warga sekolah,” terangnya.

“Dengan terciptanya lingkungan dan warga sekolah yang sehat, tentu saja akan membantu memperlancar proses belajar mengajar, dan hal tersebut akan berimbas terhadap peningkatan prestasi sekolah,” lanjut Rusmaji.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut