get app
inews
Aa Read Next : Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Berpindah Kantor ke Ungaran, Kabupaten Semarang

Proyek Profil Pelajar Pancasila, SMPN 39 Padang Ubah Sampah Jadi Karya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:00 WIB
header img
Projek Profil Pelajar Pancasila, SMPN 39 Padang Ubah Sampah Jadi Karya. SMP tersebut merupakan salah satu Sekolah Penggerak di Provinsi Sumatra Barat yang berlokasi di pinggir pantai, tepatnya di Pantai Purus, Kota Padang. FotoDoc/Kemendikbudristek.

Projek siswa SMPN 39 Padang yang mengubah sampah langkitang menjadi karya yang memiliki nilai jual tersebut membuat nama SMPN 39 Padang menjadi lebih dikenal masyarakat. Erawati menuturkan, sebelumnya tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan SMPN 39 Padang, apalagi sekolah itu baru berdiri selama enam tahun. Hasil produk kerajinan dari langkitang yang diproduksi siswa SMPN 39 sempat dipamerkan pada Festival Ekraf Milenial di Kota Pariaman pada bulan Juli lalu.

“Saya ingin memperkenalkan sekolah ini dengan cara yang lain dari sekolah yang lain. Sekolah lain mungkin brand sekolahnya sekolah tahfiz atau juara OSN (Olimpiade Sains Nasional). Jadi memang sekolah kami bukan menjadi pilihan, karena itu kita cari cara lain dengan mengasah kemampuan kewirausahaan agar dikenal masyarakat,” ujarnya.
 
Tema kewirausahaan menjadi salah satu dari tujuh tema pilihan untuk diangkat dalam projek profil pelajar Pancasila. Keenam tema lainnya yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi, dan Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.
 
Dalam tema kewirausahaan, peserta didik merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal. Kegiatan dalam projek ini bisa berupa kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, atau kegiatan lain yang ditindaklanjuti dengan proses analisis dan refleksi dari hasil kegiatan peserta didik. Projek ini diharapkan bisa menumbuhkembangkan kreativitas dan budaya kewirausahaan untuk peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut