get app
inews
Aa Read Next : Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Berpindah Kantor ke Ungaran, Kabupaten Semarang

Kisah Lima Mahasiswa Penuh Haru dan Perjuangan yang Bisa Berkuliah Berkat KIP

Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:23 WIB
header img
Sebuah bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan hidup dari KIP Kuliah kepada siswa kurang mampu yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Foto/Dok/ilustrasi Okezone.

JAKARTA - Sebuah bentuk jaminan pembiayaan pendidikan dan bantuan hidup dari Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada siswa kurang mampu yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi calon mahasiswa yang ingin sekali berkuliah, namun terbentur ekonomi. Berikut adalah kisah-kisah mahasiswa yang mampu berkuliah berkat KIP.

1. Diah Ayuning Tyas

Diah merupakan salah satu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berhasil melanjutkan pendidikan tingginya dengan KIP Kuliah.

Melansir Okezone, ia diterima dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan berhak berkuliah di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNY pada tahun 2021 lalu.

Mahasiswa yang akrab disapa Ayu ini adalah anak dari Warto dan Susmiyati, yang berprofesi sebagai petani sayur.

Meskipun mengalami keterbatasan ekonomi, namun orang tua Diah tetap mendukung putrinya untuk bisa bersekolah hingga jenjang tertinggi.

Harapan itu bisa ia buktikan, dengan menerima KIP Kuliah dan tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Usut punya usut, Ayu rupanya memang anak yang cerdas sejak duduk di bangku SD.

Terbukti, dirinya selalu masuk 5 besar siswa dengan prestasi di sekolahnya.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut