get app
inews
Aa Read Next : Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Berpindah Kantor ke Ungaran, Kabupaten Semarang

Inilah Referensi Masa Depan Mengenai 5 Negara yang Dikenal dengan Biaya Kuliah Paling Murah

Rabu, 24 Agustus 2022 | 04:43 WIB
header img
Inilah Referensi Masa Depan Mengenai 5 Negara yang Dikenal dengan Biaya Kuliah Paling Murah. Foto/Dok/Ilustrasi/Unsplash.

JAKARTA - Selain kualitas pendidikan, biaya hidup dan biaya kuliah menjadi persoalan penting yang harus dicermati sebelum menempuh studi di luar negeri. Sebagian orang menganggap biaya kuliah di luar negeri sangat menguras kantong, sangat mahal dan susah digapai karena biaya yang dibayangkan sangat mahal. Hal ini tak sepenuhnya tepat.

Sebab, ada sejumlah negara yang menawarkan pendidikan yang terjangkau dengan biaya relatif murah.

Biaya tersebut bahkan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Negara mana saja itu? Berikut negara-negara yang dikenal dengan biaya kuliah paling murah versi QS Top Universities.

1. Norwegia

Kualitas pendidikan yang bagus dan alam yang menakjubkan menjadikan Norwegia sebagai negara yang tepat untuk menempuh studi di luar negeri.

Universitas negeri di Norwegia menyediakan pendidikan gratis untuk semua orang, baik mahasiswa lokal maupun internasional.

Tidak hanya untuk jenjang sarjana, program pendidikan gratis ini juga tersedia untuk program studi master dan PhD.

Sebagian besar masyarakat Norwegia juga mahir berbahasa Inggris jadi tidak sulit untuk mahasiswa internasional untuk bersosialisasi.

Namun, negara-negara di Eropa terkenal dengan biaya hidupnya yang relatif tinggi. Hal yang sama juga berlaku di Norwegia.

Rata-rata biaya hidup yang dibutuhkan untuk menempuh studi di Norwegia sekitar USD17.200 atau Rp250 juta per tahunnya (kurs 14.000).

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut