get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel, Aksi May Day Diminta Aman

KA Brantas vs Trailer di Semarang, Sopir Truk Divonis 5 Bulan Penjara

Minggu, 25 Februari 2024 | 12:00 WIB
header img
KA Brantas vs Trailer di Semarang, Sopir Truk Divonis 5 Bulan Penjara (Ist)

SEMARANG, iNewsDemak.idKecelakaan KA Brantas vs truk trailer di Perlintasan Sebidang Jalan Madukoro Semarang pada Selasa 18 Juli 2023, masih menjadi perhatian warga. Sopir truk berinisial HS dihukum 5 bulan penjara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan,putusan hukum itu dengan perkara pidana nomor 706/Pid.Sus/2023/PN SMG tanggal 6 Februari 2024. Majelis Hakim menyatakan bahwa Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana Pasal 310 ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Menghukum Terdakwa dengan pidana penjara paling lama 5 bulan dan denda Rp1 juta, apabila tidak bisa membayar di ganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan,” ungkap Franoto.

Sekadar diketahui, KA 112 Brantas relasi Pasar Senen - Blitar tertemper Truk Trailer pada Jalan Perlintasan (JPL) 06 Km 1+523 petak jalan Jerakah - Semarang Poncol pada Selasa 18 Juli 2023 pukul 19.32 WIB. Akibat kejadian tersebut, Lokomotif KA Brantas mengalami kebakaran dan 2 jalur KA pada petak Jerakah - Semarang Poncol pada saat itu tidak dapat dilalui.

Dampak dari kejadian tersebut, KAI mengalami kerugian yang cukup besar baik secara materiil maupun immaterial.

“Selain kerusakan pada lokomotif dan kereta, juga mengakibatkan kerusakan pada jalur rel dan jembatan kereta api. Belum lagi adanya keterlambatan perjalanan kereta api akibat kejadian tersebut,” terang Franoto.

Editor : Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut