get app
inews
Aa Read Next : Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi Bertemu Presiden Jokowi, Usul Tunjangan Profesi Guru Tak Dihapus

Guru di SMA dan Perguruan Tinggi Ini Hanya Sekolah Sampai Kelas 3 SD

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:51 WIB
header img
Syuman Saeha, pria kelahiran Campalagian Polewali Mandar Sulawesi Barat, 17 Agustus 1975 yang hanya sekolah hingga kelas 3 SD ini aktif menjadi pengajar penulisan kreatif dan teater di beberapa SMA dan Perguruan Tinggi di Sulawesi Barat (Ist).

POLEWALI MANDARTidak hanya menulis puisi semata, pria kelahiran Campalagian Polewali Mandar Sulawesi Barat, 17 Agustus 1975 ini pun aktif menggarap dunia pertunjukan khususnya teater. Ya, ia bernama Syuman Saeha. Anak keempat dari enam bersaudara (pasangan Saeha dengan Pasa) ini sekolahnya hanya sampai kelas III Sekolah Dasar (SD). Pernah bekerja sebagai petani, nelayan buruh bangun atau tukang batu. Bapak tiga orang putra (Pangrita Palogai, Rio Lelewali, Maji’ Sipagau’) ini menetap di Galeso Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Sulawesi Barat.

Syuman mengaku mulai menulis puisi sejak 1990, kemudian mulai menulis cerpen sejak 1996, kemudian beranjak menulis naskah lakon (drama) sejak1998, dan selanjutnya bergelut pula dalam penulisan cerita rakyat sejak 2016.

“Untuk menjaga proses kreatif, tidak ada jalan lain selain terus berlatih dan tak henti membaca dan belajar,” ungkap Syuman.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut